AKTIVITAS 7
Wirausaha Kuliner
tantangan dan peluang
tantangan dan peluang
Waktu : 4 JP
Pelaksanaan
1. Murid dipandu Guru menjawab pertanyaan pemantik berikut ini secara lisan:
- Apakah kalian suka jajan?
- Jajanan apa yang kalian sering beli?
- Apakah kalian mengetahui cara pengolahannya?
- Apa yang kalian ketahui tentang bisnis kuliner?
2. Murid membaca artikel, menonton tayangan video atau menyimak penjelasan guru tentang peluang bisnis kuliner.
3. Murid berdiskusi dalam kelompok, menjawab pertanyaan (pertanyaan terlampir) dan membuat ringkasan dalam bentuk (mindmapping, slides, dsbnya)
Tugas:
Menjawab pertanyaan dan membuat ringkasan.
Tayangan Video : Peluang Bisnis Kuliner
Artikel Peluang Bisnis Kuliner : Baca Disini
Pertanyaan Tentang Peluang Bisnis Kuliner :
- Menurut kamu, mengapa bisnis kuliner menjadi salah satu peluang usaha yang menjanjikan?
- Apa saja faktor-faktor yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis kuliner?
- Jika kamu ingin memulai bisnis kuliner, jenis makanan atau minuman apa yang akan kamu pilih? Jelaskan alasanmu!
- Siapa target pasar yang ingin kamu sasar dengan bisnis kulinermu?
- Apa saja tantangan yang mungkin kamu hadapi saat menjalankan bisnis kuliner? Bagaimana cara mengatasinya?
- Menurutmu, apakah keahlian memasak adalah syarat mutlak untuk sukses dalam bisnis kuliner? Jelaskan!
- Bagaimana peran teknologi dalam pengembangan bisnis kuliner saat ini? Berikan contoh teknologi seperti apa yang mungkin bisa kamu gunakan dalam bisnis kulinermu!
- Bagaimana caramu membuat bisnis kulinermu berbeda dari yang sudah ada?
- Apakah kamu tertarik untuk mencoba memulai bisnis kuliner setelah mempelajari materi ini? Mengapa?
- Coba rancang sebuah konsep bisnis kuliner sederhana. Mulai dari ide produk, target pasar, hingga strategi pemasaran.
AKTIVITAS 8 : Menggali dan Mengembangkan Ide
Waktu: 4JP
Tujuan:
Murid mampu menemukan dan mengembangkan ide yang layak, berdampak, dan kreatif.
Pelaksanaan:
- Murid dibimbing guru melakukan kegiatan imajinasi gambar. Murid melengkapi gambar garis atau simbol yang ada pada kotak sesuai imajinasinya. Murid dapat melengkapi gambar dengan warna. Murid berbagi dan membandingkan hasil imajinasinya dengan teman sebangku/sekelompok.
- perwakilan murid berbagi hasil diskusi dengan temannya.
- murid dibimbing murid untuk melakukan kegiatan kedua yaitu Sepatu Ajaib. dimana kamu diberikan sebuah konteks dengan situasi berikut: murid adalah salah satu peserta kompetisi inovasi muda, di mana mereka diminta untuk membuat inovasi atas salah satu produk kelengkapan sekolah. Murid melengkapi gambar dasar pada jurnal (atau bisa menggambar kembali pada kertas kosong atau pada media digital) menggunakan daya imajinasinya sekreatif mungkin.
- murid dapat mengadakan kegiatan gallery walk agar murid dapat saling melihat hasil kerja teman-temannya
Tugas:
Mengerjakan kegiatan imajinasi gambar ( format gambar dibawah )
Melengkapi tugas sepatu impian pada kegiatan mandiri atau di rumah.
Gambar dasar : Silakan gunakan gambar dasar berikut ini untuk melengkapi tugasmu.
kamu bisa menggunakan mode kertas dengan menggambar seperti contoh dibawah ini. atau kamu juga bisa mengeditnya langsung di canva ketika kamu mengklik gambar tersebut.
Untuk Desain dibawah ini kamu bisa menggambar langsung menggunakan kertasmu, dan desain semenarik mungkin, atau kamu juga bisa mengeditnya langsung di canva mu.
Social Plugin