Suara Demokrasi

 Suara Demokrasi

Perkembangan teknologi yang semakin pesat, memungkinkan kita dapat menyuarakan pendapat dengan menggunakan ragam platform yang berbeda. Teknologi internet memudahkan kita untuk berkomunikasi atau bersuara melalui jejaring sosial atau media sosial. Penggunaan media jejaring ini dapat menghemat waktu dan biaya dalam banyak hal. Kita diberi kebebasan dalam penggunaannya, namun kebebasan ini bukan berarti tidak memiliki etika atau batasan-batasan penggunaannya, mana yang boleh dan mana yang tidak boleh.

Sebaiknya kita dapat mengenali bagaimana etika yang perlu diperhatikan dalam penggunaan jejaring sosial. Agar setiap pengguna jejaring sosial merasakan kenyamanan dalam penggunaannya dan terhindar dari kejahatan. Banyak permasalahan sosial yang terjadi di tengah masyarakat kita karena kurangnya kesadaran beretika dalam menggunakan jejaring sosial.

Sekolah adalah lembaga atau tempat berlangsungnya proses pendidikan dengan tujuan mengubah tingkah laku individu kearah yang lebih baik melalui interaksi dengan lingkungan sekitar dan pemahaman. Salah satunya adalah mengajarkan cara yang santun dan beretika dalam mengeluarkan pendapat, terutama bagi remaja yang masih berusia di sekolah menengah pertama baik secara langsung maupun di dunia maya.


Deskripsi Projek

Projek “Demokrasi dan Media Sosial: Mari berdemokrasi dengan santun” dengan tema “ Suara Demokrasi” ini terdiri dari 20 aktivitas dan memiliki total kurang lebih 60 jam pelajaran. Melalui projek ini, peserta didik akan dikenalkan pada cara yang santun dan beretika dalam mengeluarkan pendapat secara langsung maupun melalui media sosial, terutama bagi remaja yang masih berusia di sekolah menengah pertama.

Tujuan Projek

Pada akhir projek ini, peserta didik diharapkan dapat mengerti tentang bagaimana mengemukakan pendapat secara langsung maupun melalui media sosial secara santun dan beretika. Peserta didik juga diharapkan dapat mencari solusi efektif dalam mengkampanyekan bagaimana mengemukakan pendapat secara langsung maupun menggunakan media sosial yang sehat, berorientasi pada membangun semangat demokrasi yang bermartabat, santun dan berkualitas dengan mengindahkan norma sosial dan norma hukum yang berlaku.

Melalui projek ini, peserta didik diharapkan telah mengembangkan secara spesifik dua dimensi Profil Pelajar Pancasila, yakni Berkebhinekaan Global dan BernalarKritis beserta sub-elemen terkait yang dijabarkan secara detail. 

Alur Projek

Kegiatan projek suara demokrasi ini terdiri dari Empat tahap, yang terdiri dari tahap pengenalan, tahap kontekstual, tahap aksi, dan tahap refleksi. Untuk detail kegiatannya dapat diuraikan sebagai berikut:

A. Tahap Pengenalan (Mengenali dan membangun kesadaran peserta didik terhadap isu pengunaan media sosial dan implikasinya terhadap demokrasi di Indonesia)

B. Tahap Kontekstualisasi (Mengkontekstualisasi masalah di lingkungan terdekat)

C. Tahap Aksi (bersama-sama mewujudkan pelajaran yang mereka dapat melalui aksi nyata)

D. Tahap Refleksi dan Tindak Lanjut.

E. Penutup

Guru menguatkan pemahaman utama berkaitan dengan topik/issue yang diangkat. Terakhir, jangan lupa rayakan! Akhir dari sebuah projek adalah pencapaian besar dan merupakan puncak dari kerja keras dan dedikasi selama berjam-jam dari siswa, guru dan komunitas sekolah. Pesta kecil/piknik/pot luck sederhana di akhir proyek dapat dilakukan untuk menghargai kerja semua dan meningkatkan semangat belajar untuk kedepannya. Selain itu, jika siswa merasa bahagia dan dihargai kemungkinan besar akan antusias jika diberikan projek berikutnya sehingga membangun rasa percaya diri dari pengalaman masa lalu dan akan menjadi lebih efektif dan lebih baik di masa depan, bersantailah dan luangkan waktu untuk merayakan kesuksesan bersama — Kita semua berhasil!

Alur Kegiatan Projek secara Umum

Kegiatan projek suara demokrasi ini terdiri dari Empat tahap, yang terdiri dari tahap pengenalan, tahap kontekstual, tahap aksi, dan tahap refleksi. Untuk detail kegiatannya dapat diuraikan sebagai berikut:

A. Tahap Pengenalan (Mengenali dan membangun kesadaran peserta didik terhadap isu pengunaan media sosial dan implikasinya terhadap demokrasi di Indonesia)

Terdiri dari :

Aktivitas 1 (Perkenalan “Peran Media Sosial Dan Demokrasi di Indonesia”) 

Aktivitas 2 ( Eksplorasi Isu)

Aktivitas 4 (Kunjungan ke Kantor Kelurahan/Desa Setempat/ Kunjungan Ke Rumah Pintar 

Pemilu Untuk Mengenal Proses Pemilu Sebagai Sarana Demokrasi secara virtual

B. Tahap Kontekstualisasi (Mengkontekstualisasi masalah di lingkungan terdekat)

yang terdiri dari : 

Aktivitas 6 (Pengumpulan, Pengorganisasian & Penyajian Data)

Aktivitas 7 (Suara Demokrasi di Sekolahku)

Aktivitas 8 (Pengorganisasian Data Secara Mandiri)

Aktivitas 9 (Asesmen Formatif Presentasi Suara Demokrasi di Sekolahku)

C. Tahap Aksi (bersama-sama mewujudkan pelajaran yang mereka dapat melalui aksi nyata)

Aktivitas 10 (Poster Kampanye Pemilihan Ketua Osis / Ketua Kelas : Eksplorasi visi dan misi 

kandidat calon ketua dan wakil kelas / ketua OSIS)

Aktivitas 11 (Poster Kampanye Pemilihan Ketua  Kelas : Eksplorasi Peran ketua dan wakil ketua kelas dalam membantu Siswa Berdemokrasi dengan Santun)

Aktivitas 12 (Proses menggunakan media sosial dengan cara yang santun dan berkualitas untuk berkampanye pemilihan ketua kelas : eksplorasi visi dan misi kandidat calon ketua dan wakil ketua kelas)

Aktivitas 13 (Proses kampanye langsung (debat terbuka): eksplorasi visi dan misi kandidat calon ketua dan wakil ketua OSIS

Aktivitas 14 ( Asesmen Formatif: Masa/Minggu Tenang & Simulasi Pemilihan Ketua OSIS )

Aktivitas 15 Asesmen Sumatif Pelaksanaan Pemilihan Ketua dan wakil Ketua OSIS

Aktivitas 16 Asesmen sumatif evaluasi solusi yang ditawarkan agar dapat berdemokrasi dengan santun dan berkualitas di media sosial

D. Tahap Refleksi dan Tindak Lanjut terdiri dari : 

Aktivitas 17 Beraksi dan berefleksi agar dapat mengeluarkan pendapat dengan santun dan berkualitas melalui media sosial

Aktivitas 18 Asesmen Sumatif (Tugas Unjuk Pemahaman) berdemokrasi dengan santun dan berkualitas di Media Sosial

Aktivitas 19 Pengumpulan Dokumentasi Pembelajaran (Portofolio)

Aktivitas 20 Refleksi Individual Terhadap Keseluruhan Proses Pembelajaran, Ditutup Dengan Asesmen Sumatif.

E. Penutup