Assalamualaikum warohmatullahi wabarokatuh, Salam jumpa kembali anak-anak.
bertemu kembali dengan kegiatan Projek P4 untuk kelas 7 & 8 dengan tema Kearifan Lokal. semoga kegiatan projek kedua ini berjalan dengan baik dan lancar, untuk persiapan awal jangan lupa menyiapkan alat tulis, kertas Folio bergaris. dan Insyaa Allah kegiatan akan dimulai pada hari Senin, 02 Februari 2025. Bissmillahirohmanirohim.
“Budaya itu ada karena dibutuhkan, seorang ahli mengatakan bahwa budaya itu adalah fungsi survival. Kalau budaya dikatakan jelek tidak mungkin akan bertahan, jika budaya belum kelihatan bagusnya maka itu adalah tugas kita karena itu adalah milik kita, harus lebih positif memandang budaya.”
Prof. Dr. phil. Hana Panggabean.
"Menelusuri Warisan Budaya Kotaku"
Penulis Modul : Tim Fasilitasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila SMP Negeri 10 Kota Tangerang
Sarana Prasarana : Ruang kelas, Projector, computer/laptop,speaker, alat tulis, kertas, video pembelajaran
Target Peserta : Kelas 7 & 8
Tema : Kearifan Lokal
Topik : “Menelusuri Warisan Budaya Kotaku”
Alokasi Waktu : 84 JP + 36 JP (untuk persiapan pameran)
Fase : D
Komitmen seluruh warga sekolah untuk sadar, konsisten, dan berkomitmen untuk menghargai berbagai bentuk keberagaman yang ada di lingkungan sekolah maupun luar sekolah.
Dengan tema kearifan lokal yang mengacu ada dimensi profil pelajar Pancasila,tujuan dari projek “Menelusuri Warisan Budaya Kotaku” bertujuan untuk membangun kesadaran, menggali potensi diri dan daerah serta memberdayakan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki dalam mengembangkan ciri khas daerah kota Tangerang.
Melalui projek ini diharapkan dapat tumbuh murid yang memiliki daya kreasi dan inovasi yang tinggi, toleransi, berjiwa nasionalis, pantang menyerah, dan mampu mengambil bagian masa depan bangsa yang mencintai dan melestarikan kearifan lokal yang dimiliki daerah asalnya. Melalui projek ini,murid diharapkan dapat mengembangkan secara spesifik tiga dimensi profil pelajar Pancasila yaitu berkebhinekaan Global, Gotong Royong, dan Kreatif.
Alur Kegiatan Projek
Projek ini terdiri dari lima tahap yaitu: Pengenalan, Kontekstualisasi, Perencanaan, Aksi dan Refleksi. Tahap pengenalan dan kontekstualisasi adalah bagian dari penyadaran akan pentingnya pelestarian kearifan lokal. Mengacu pada program pemerintah tentang pelestarian kearifan lokal, kedua tahap ini dimaksudkan untuk memberikan dorongan dan pemacu untuk tumbuh dan kembangnya sikap mental, cara pandang (mindset) serta motivasi untuk melestarikan kearifan lokal daerah masing-masing. Hal ini sangat penting dilaksanakan menginagt pengetahuan sebagian besar generasi muda terkait kearifan lokal daerahnya relatif rendah.
Tahap berikutnya adalah perencanaan, aksi dan refleksi. Tahap ini dilaksanakan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik terhadap salah satu kearifan lokal yaitu batik khas Tangerang. Pengetahuan dan keterampilan yang diberikan setelah murid sadar akan pentingnya mencintai kearifan lokal daerahnya, mereka diharapkan dapat memiliki motivasi dan sikap untuk melestarikan dengan membuat karya batik khas kota Tangerang.
DAY 1 PROJEK P4
- bersama Guru, Murid memulai kegiatan dengan menjawab pertanyaan berikut :
Hal apa yang ingin kalian pelajari pada projek kali ini?
Apa harapan kalian terhadap projek ini? - Guru memperkenalkan tema projek,tujuan dan alur pelaksanaan projek
- Murid menuliskan jurnal tentang harapannya terhadap projek yang akan dilaksanakan
Pelaksanaan
Guru mengawali aktivitas dengan meminta peserta didik untuk menuliskan pepatah / peribahasa / nasihat-nasihat orang tua atau orang dewasa yang masih diingat sampai saat ini.
Setelah peserta didik selesai menulis, guru bersama dengan peserta didik membahas hasil tulisan peserta didik dan menanyakan jika ada peserta didik lain yang menuliskan hal serupa.
Guru menggali lebih dalam apakah peserta didik tahu arti dari pepatah / peribahasa / nasihat-nasihat tersebut. Kemudian guru memberi pengantar bahwa pepatah / peribahasa / nasihat-nasihat merupakan salah satu bentuk kearifan lokal.
Setelah itu, guru bertanya kepada peserta didik tentang pengertian dan bentuk kearifan lokal yang diketahui. Beberapa pertanyaan pemantik yang bisa dipakai:
Apa yang terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata kearifan lokal?
Menurutmu, apa itu kearifan lokal? Seperti apa bentuknya?
Kearifan lokal apa yang kamu ketahui? Berasal dari daerah mana kearifan lokal tersebut?
Bagaimana kamu bisa mengetahui bentuk kearifan lokal tersebut? Apakah kamu tahu atau pernah mencari tahu makna dibalik kearifan lokal tersebut?
Tugas
Produk : Ringkasan murid dari video atau artikel (ringkasan dapat dalam bentuk mind map, dan lainnya)
Bahan Untuk Tayangan
“Apa itu Pengetahuan Lokal?”
Aktivitas 3 ( Mengenal Sejarah Kota Tangerang ) Waktu : 4 JP Tujuan :
Murid mampu menjelaskan sejarah kota Tangerang dan komponen yang terdapat di dalamnya Kegiatan
- Guru membagikan artikel yang telah dipersiapkan
- Murid mengamati artikel yang telah dibagikan
- Murid melakukan diskusi kolaboratif melalui metode T-P- S
- Pada tahap Think (T), murid diminta untuk berfikir dan menjawab pertanyaan yang diajukan guru.
- Informasi apa yang kalian peroleh dari artikel tersebut? Sebutkan tokoh yang berperan dalam berdirinya Tangerang?
- Bagaimana sejarah berdirinya kota Tangerang? Pada tahap Pair (P), murid berpasangan mendiskusikan jawaban mereka pada tahapan sebelumnya. Pada tahap Share (S), murid berbagi dengan seluruh kelas
- Murid mengamati artikel yang telah dibagikaN.
- Murid melakukan diskusi kolaboratif melalui metode T-P- S Pada tahap Think (T), murid diminta untuk berfikir dan menjawab pertanyaan yang diajukan guru.
- Informasi apa yang kalian peroleh dari artikel tersebut?
- Sebutkan tokoh yang berperan dalam berdirinya Tangerang?
- Bagaimana sejarah berdirinya kota Tangerang? Pada tahap Pair (P), murid berpasangan mendiskusikan jawaban mereka pada tahapan sebelumnya. Pada tahap Share (S), murid berbagi dengan seluruh kelas
- tentang hasil diskusi mereka Murid membuat kesimpulan tentang materi yang dipelajari Produk : Presentasi hasil diskusi.
1 Komentar
😀🥳
BalasHapus