Day 2 P5 Kearifan Lokal Kelas 9

Aktivitas 4 ( Mengenal budaya dan potensi pariwisata kota Tangerang )

Waktu : 3 JP ( Jam ke 1 s.d 4 )

Tujuan : Murid mampu mengidentifikasi dan menjelaskan karakteristik dan potensi budaya serta pariwisata kota Tangerang

Kegiatan

  1. Guru membagi murid menjadi kelompok yang terdiri dari 3 – 4 orang

  2. Murid membaca artikel dan tayangan youtube yang dibagikan ( tersedia di LMS )

  3. Murid melakukan diskusi tentang karakteristik yang ada di kota Tangerang

  4. Murid menuliskan hasil diskusi pada kertas plano dalam berbagai bentuk (gambar, peta konsep, dll) sesuai dengan minatnya

  5. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya

  6. Murid melakukan tanya jawab 

  7. Guru membimbing murid membuat kesimpulan dan refleksi dari materi yang dipelajari.


Produk
: Presentasi hasil diskusi.


Bahan Materi Aktivitas 4

Arikel Baca DISINI



Aktivitas 5 ( Pengaruh Identitas Kelompok pada Identitas Diri )

Waktu: 3 JP ( Jam ke 5 s.d 8 )

Tujuan:

  • peserta didik mampu mengidentifikasi identitas kelompok yang melekat pada identitas diri

  • peserta didik mampu mengenal identitasnya

Kegiatan Pertama

Bahan : Kartu bermain peran, lembar kerja “Siapakah aku?”

Cara Bermain:
Hal yang perlu diperhatikan:

2. Guru menutup kegiatan dengan penguatan bahwa prasangka bisa terbentuk dari ciri khas / citra yang dibawakan. Untuk itu, demi menghindari diri dari prasangka atau bias, yang perlu dilakukan adalah menanyakan langsung dari sumbernya bukan menciptakan asumsi atau prasangka.

Kegiatan Kedua

Lembar Kerja

  • Siapa saya? Nama, jenis kelamin, hobi, hal yang disukai dan tidak disukai, bentuk wajah, warna kulit, tinggi badan, sifat, bahasa yang dikuasai (termasuk bahasa daerah), suku, dan agama

  • Apa kemampuan dan keterampilan yang saya miliki?
  • Apa harapan saya untuk diri saya di masa depan? Bisa cita-cita yang
    diinginkan, keterampilan yang ingin dikembangkan, dan lain sebagainya.

  1. Guru melihat dan memberi masukan atas lembar kerja siswa, kemudian menceritakan bahwa identitas diri dan sosial dapat dipengaruhi oleh orang terdekat, seperti keluarga, teman, tetangga, dlsb.

  2. Setelah selesai, siswa diminta untuk menyimpan lembar kerja dengan baik atau mendokumentasikan lembar kerja tersebut  agar dapat dipakai kembali pada kegiatan berikutnya.

Produk: Pemetaan diri

LEMBAR KERJA AKTIVITAS 5


Aktivitas 6.A ( Identitas Diri dan Kelompok ) 

Waktu : 2 JP

Tujuan:

Peserta didik mampu mengenali dan mengidentifikasi bentuk sebuah kelompok

Kegiatan

Setelah selesai, guru kemudian menceritakan bahwa sebuah kelompok dapat membentuk budaya yang dibutuhkan oleh kelompok itu sendiri, lalu mengajak peserta didik untuk melihat identitas kelompok masyarakat adat di suku baduy, provinsi Banten. 

Guru bersama dengan peserta didik merefleksikan video yang telah ditonton. dengan bersama-sama menjawab pertanyaan refleksi berikut ini :

  1. Nilai-nilai apa yang mendasari budaya suku Baduy, dan bagaimana nilai-nilai tersebut tercermin dalam kehidupan sehari-hari mereka?
  2. Mengapa suku Baduy memilih untuk mempertahankan budaya mereka di tengah modernisasi?
  3. Tantangan apa yang mereka hadapi, dan bagaimana mereka mengatasinya?
  4. Pelajaran apa yang bisa kita ambil dari budaya suku Baduy dalam menjalani hidup yang lebih bermakna?
  5. Jika Anda memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan suku Baduy, pertanyaan apa yang ingin Anda ajukan kepada mereka?


Tayangan Video Aktivitas 6




ubur - ubur ikan lele,.. Tetap semangat ya Lee...