Tahap II P5 ( Rabu 18 September 2024 )

Aktivitas 3 

Waktu : 3 x 40 menit.

Diskusi kritis tentang isu bumi tidak sehat dan sumber sampah plastik.

  1. Pada sesi ini akan difokuskan kepada diskusi dari hasil kerja kelompok  serta riset yang telah dijalankan murid. Guru akan memandu dengan pertanyaan terbuka dengan tujuan dari diskusi ini adalah murid bebas mengutarakan pendapatnya  mengenai penggunaan plastik dan dampak sampah plastik di dunia.
  2. Sebelum diskusi dimulai, murid dapat melihat kembali peta pikiran ( mind maping ) / hasil riset yang telah dilakukan.  Guru juga menyediakan waktu bagi murid untuk mencari contoh-contoh kasus dampak penggunaan sampah plastik di Indonesia agar dapat menggunakannya dalam proses diskusi bersama.
  3. Diskusi kritis dipandu oleh guru, murid dapat memulai dengan menjawab beberapa pertanyaan yang sebagai berikut:

  • Apakah menurutmu dampak sampah plastik di bumi sudah mencapai titik yang tidak dapat  diubah/ditolong? 
  • Apakah sudah terlambat bagi kita untuk menanggulanginya?
  • Apakah aksi yang kita lakukan sekarang untuk mengurangi sampah plastik dan kerusakan  lingkungan berguna untuk generasi kita, atau lebih untuk menjaga keberlangsungan untuk  generasi sesudah kita?
  • Menurutmu aksi apa saja yang nyata dan dapat berhasil untuk menyelamatkan bumi kita tetap  sehat? 
  • Menurutmu apa yang dapat kita lakukan dengan segera untuk menerapkan gaya  hidup berkelanjutan?

    4. Murid dibimbing guru melakukan penguatan untuk melihat kembali riset agar jawaban murid berdasarkan data yang ada.
    5. Murid kemudian mengisi lembar refleksi sebagai penutup aktivitas.
Tugas : Murid membuat lembar Refleksi Aktivitas 3 pada kertas Folio bergaris yang telah disediakan.

Aktivitas 4 

Waktu : 3 x 40 menit

Elaborasi Pemahaman tentang Isu Bumi Tidak Sehat dan Cara penanggulangan Sampah Plastik

Langkah Kegiatan : 
  1. Murid dipandu Guru mengamati Tayangan Video dibawah ini :
  2. Selama proses pengamatan berlangsung diharapkan murid mendapatkan elaborasi pemahaman  lebih mendalam mengenai isu bumi  tidak sehat dan cara menanggulangi  sampah plastik.
  3. Setelah selesai, Murid dibimbing guru untuk membuat ringkasan/ rangkuman dari tayangan dan slide materi pada kertas Folio bergaris berisi  pengetahuan dan konsep yang telah  dipelajari pada tayangan video tersebut. 
Tayangan Video : 





Tugas : Lembar Ringkasan Materi dan Pengamatan Tayangan Video

Aktivitas 5 

Waktu : 2 x 40 menit

Sebelum memulai tahap ini, murid akan diarahkan pada pada diskusi kritis mengenai pemahaman pada aktivitas 4 / sebelumnya. Pada tahap ini murid bebas mengutarakan pendapatnya mengenai  isu bumi tidak sehat dan masalah pencemaran sampah plastik.

Sebelum diskusi dimulai, murid dapat melihat kembali catatan hasil ringkasan/ rangkuman yang telah dilakukan. Guru juga menyediakan waktu  bagi murid untuk saling mendiskusikan catatan dengan temannya. 

Murid dibimbing guru membahas beberapa pertanyaan berikut ini :
  1. Setelah mengetahui lebih dalam mengenai isu bumi tidak sehat, menurutmu  apakah kita sudah mencapai titik terlambat untuk menyeimbangkan kembali  lingkungan kita?
  2. Apabila dirimu dapat berkontribusi untuk membuat rencana aksi dalam  rangka mewujudkan bumi sehat terbebas dari sampah plastik di daerah kita,  apa solusi yang akan kamu tawarkan?
  3. Menurutmu apa yang akan menjadi tantangan bagi lingkungan kita untuk  mewujudkan bumi sehat terbebas dari sampah plastik?
Murid dapat menjawab pertanyaan diatas secara langsung, dan menuliskannya pada Kertas Folio bergaris untuk dipresentasikan didepan kelas, Jawaban murid diharapkan bervariasi sesuai dengan pemahaman dan kosakata masing - masing.

Tugas : 
  1. Murid mempresentasikan  hasil diskusinya di depan  kelas.
  2. Murid mengisi lembar  refleksi sebagai penutup  aktivitas.
Lembar Refleksi Murid 2


Sampai disini dulu Aktivitasnya YGY... Tetap Semangat dalam Belajar... Salam Hebat, Salam Tenta.. BISA! .....

"Setiap sampah yang ku buang sembarangan adalah sebuah dosa kecil yang terus menumpuk."