Tahap III P5 ( Edisi Kamis 19 September 2024 )

 

Aktivitas 6
( Eksplorasi Isu- Konsep 3R sebagai solusi atas Dampak Sampah plastic )

Waktu : 4 x 40 Menit 

Tujuan   : Peserta didik mampu memahami konsep 3R sebagai solusi atas dampak sampah plastic melalui tayangan video dengan menuliskannya pada lembar kerja pencatatan video. 

Uraian Kegiatan : 
  1. Kegiatan awal Murid dan Guru melakukan apersepsi mengenai pembelajaran yang telah dijalani pada aktivitas sebelumnya, Murid menerima penguatan dari Guru mengenai isu bumi tidak sehat dan masalah pencemaran sampah plastik.
  2. Murid dipandu Guru membuat hubungan tentang hal-hal yang telah diketahuinya dengan menggunakan analogi: misalkan seseorang menunjukkan tanda-tanda sakit, lalu apa langkah selanjutnya? (mencari obat/ bagaimana solusinya). atau contoh analogi lain seperti :
  • Bumi seperti tubuh manusia.Jika sampah plastik adalah racun, di mana kira-kira racun itu menumpuk dan merusak organ tubuh bumi?
  • Laut adalah rumah bagi banyak makhluk hidup.Jika laut adalah rumahmu, bagaimana perasaanmu jika rumahmu penuh dengan sampah?
  • Hutan adalah paru-paru bumi. Jika paru-paru kita sakit karena polusi, apa yang akan terjadi pada tubuh kita? Begitu pula dengan hutan, apa yang terjadi jika hutan rusak akibat ulah manusia?
  • Bumi adalah sebuah puzzle. Setiap potongan sampah plastik yang kita buang membuat puzzle bumi semakin sulit untuk disusun kembali. Setujukah kamu?
  • Kita adalah bagian dari sebuah keluarga besar. Jika anggota keluarga tidak saling menjaga, apa yang akan terjadi pada keluarga itu? Begitu pula dengan bumi, kita adalah bagian dari keluarga besar makhluk hidup.
Setelah selesai melakukan tahap diatas, murid dipandu guru mengamati konsep 3R dengan melanjutkan menonton video Ancaman Polusi Plastik dibawah ini.


Akitivitas 7 ( Eksplorasi Isu- Konsep 3R sebagai solusi atas Dampak Sampah plastic )

Waktu : 2 x 40 menit 

  1. murid  bersama Guru mengakses lembar pencatatan video jilid  2 dibawah ini dan bersama-sama membaca dengan lantang pertanyaan di lembar tersebut.
  2. murid mengerjakan lembar pencatatan video secara mandiri
  3. Dengan arahan Guru, murid melalukan Penguatan konsep 3R melalui kegiatan Jigsaw Reading: Membaca berkelompok. Dengan bantuan materi tambahan yang disediakan dibawah ini, para murid bekerja secara berkelompok untuk membaca materi tersebut sebagai bahan tambahan melengkapi pengisian lembar pencatatan. 
  4. Setelah selesai tahap membaca materi tersebut, para murid melengkapi lembar pencatatan videonya.
Lembar Pencatatan Video : 

Materi Tambahan tentang 3R : Klik Ikon dibawah ini. 



Aktivitas 8 ( Refleksi 3 )

Waktu : 2 x 40 menit. 

Tujuan : Peserta didik mampu merefleksikan pemahamannya terkait isu sampah dan cara pengolahannya.

Kegiatan : 
  1. Dipandu Guru, Murid diajak untuk mempelajari kembali hasil kerja mereka
  2. Bersama - sama melakukan Diskusi tentang refleksi perjalanan belajarnya terkait masalah sampah. 
  3. Peserta didik mengerjakan link berisi pertanyaan terkait masalah sampah. 
  4. Hasil Jabawan Murid akan otomatis terkirim pada link gmail yang telah diisi. pastikan Murid memeriksa gmail masing - masing terutama bagian Inbox: Updates, atau Folder Spam. Download hasil PDF pengisian lembar refleksi sebagai bukti melaksanakan aktivitas 8. 
Tugas : Mengisi lembar refleksi. 

Link Aktivitas 8. 


Sampai disini dulu aktivitas hari ini YGY.. Tetap Semangat dalam Belajar... Salam Hebat,...
Salam TENTA... BISA!

"Mari kita jadikan bumi ini lebih baik, dimulai dari hal terkecil, seperti membuang sampah pada tempatnya."

"Mari jadikan dirimu lebih baik, dengan melupakan harapanmu tentangnya....Eh!" 😂