AKTIVITAS 12 : Menganalisis contoh usaha dan merencanakan usaha.
Waktu: 4JP
Tujuan :
Murid dapat menganalisis contoh usaha dan merencanakan usaha
Pelaksanaan:
- Dipandu Guru, Murid mengawali kegiatan dengan menghubungkan kegiatan sebelumnya dengan kegiatan kini. Ketika seorang wirausahawan mendapat ide dan mengidentifikasi sebuah peluang bisnis yang potensial, langkah selanjutnya adalah membuat sebuah perencanaan usaha.
- Guru meminta murid untuk mengamati contoh “usaha martabak” dan menganalisanya secara berkelompok serta menjawab pertanyaan.
- Murid mempresentasikan jawabannya.
- Guru meminta murid mengamati lembar perencanaan usaha dan elemen penting yang ada di sana (Lembar Perencanaan terlampir)
- Guru meminta siswa untuk mengembangkan ide usahanya dan menuliskan perencanaan usaha pada lembar yang diberikan.
- Guru membantu memberi penjelasan jika siswa memiliki kesulitan dalam menentukan ide usaha. Ide yang dikembangkan haruslah ide yang:
a. layak (karena berfokus untuk membantu orang lain),
b. berdampak (karena fokus pada pemecahan masalah, bukan pada produk),
c. kreatif (karena menggunakan masalah sebagai inspirasi usaha)
Tugas:
1) Menganalisa usaha martabak.
2) Mengerjakan lembar perencanaan usaha.
Contoh USaha Martabak :
Contoh USaha Martabak :
Tugas
Amatilah analisis usaha Martabak Barkah di atas.
Lalu jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini:
1. Isilah titik-titik di atas dengan jawaban hasil perhitungan yang tepat
a. Total investasi
b. Total biaya tetap perbulan
c. Total biaya variabel per bulan
d. Total perkiraan pemasukan per bulan
e. Total perkiraan pendapatan per bulan
f. Total perkiraan keuntungan/laba per bulan
g. Lama (jumlah bulan) usaha sampai investasi kembali…….
2. Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini
a. Jika Budi memiliki modal sebesar Rp 5.000.000, apakah dana tersebut cukup untuk memulai usaha menjual martabak manis? (berikan alasanmu)
b. Jika kamu memiliki cukup modal untuk menjalankan usaha menjual martabak manis, apakah kamu akan melakukannya? (berikan alasanmu)
c. Perhatikan komponen biaya lain-lain pada bagian investasi awal. Mengapa perlu menambahkan biaya lain-lain pada sebuah analisa usaha?
d. Pada bulan keberapa modal dapat kembali jika asumsi penjualan seperti di atas?
e. Jika Budi memilih menjalankan usaha dari rumah dan menerima pesanan dari tetangga sekitar ataupun pesan/antar: Biaya apa yang berkurang? Biaya apa yang bertambah? Apakah membuka usaha dari rumah (tanpa toko, bangunan, atau gerobak usah) efektif?
Lembar Perencanaan Usaha Murid :
AKTIVITAS 13 : Berkolaborasi dan bekerjasama.
Waktu: 4JP
Tujuan :
Murid dapat membangun kolaborasi dan kerja sama tim, berperan aktif dalam kerjasama tim, dan merefleksikan kinerja diri dalam perannya sebagai anggota tim
Pelaksanaan:
- Guru mengajak siswa berpartisipasi dalam permainan agar memperoleh pengalaman berinteraksi dalam kerja tim. (inspirasi permainan ada pada jurnal)
- Guru meminta siswa membagikan kesan-kesan dalam mengikuti permainan.
- Guru berdiskusi dengan siswa tentang nilai-nilai yang didapat dari permainan.
a. Apakah kamu 'berpikir bersama' sebelum mulai melakukan permainan? -> membuat perencanaan penting tetapi menjadi fleksibel saat situasi yang berbeda muncul juga sama pentingnya.
b. Apakah setiap anggota di kelompokmu memiliki peran yang jelas?
c. Apakah peranmu?
d. Apakah kamu menikmati permainan? jika tidak, apa sebabnya? (Tekankan bahwa dalam kerja tim, pembagian peran (pemimpin dan anggota) itu penting agar tim berfungsi dengan baik. Dalam kolaborasi, meskipun tidak ada pembagian peran yang signifikan, setiap anggota yang berkontribusi maksimal dan berkomunikasi dengan baik akan menghasilkan kerjasama yang baik.
e. Apakah kamu dapat menyelesaikan tantangan tepat waktu? Jika tidak, menurutmu mengapa hal itu terjadi? Pentingnya manajemen waktu untuk tim.)
f. Apakah kamu senang dengan kolaborasi Anda sendiri dalam aktivitasnya? Dengan anggota tim Anda? -> pastikan siswa berbicara jujur satu sama lain dengan saling menaruh sikap hormat.
g. Apa yang kamu pelajari? Apa yang akan kamu lakukan secara berbeda lain kali?Guru menjelaskan tentang pentingnya mengembangkan keterampilan berkolaborasi dan kerja tim sebagai kompetensi unggul. (catatan: penting menjelaskan perbedaan keduanya. Kolaborasi adalah kerjasama dalam hubungan sejajar. Kerja tim adalah kerjasama yang membutuhkan pemimpin dan anggota. Setiap anggota mempunyai perannya masing-masing. Pemimpin mempunyai tugas untuk mengkoordinasikan anggotanya agar tujuan tim tercapai). - Guru menjelaskan kegiatan lanjutan yaitu mengelompokkan siswa untuk berkolaborasi dan bekerja tim dalam menyiapkan sebuah proposal usaha. Kelompok ini akan bersama sampai akhir projek.
- Siswa dalam satu kelompok akan memulai kegiatan dengan membuat kesepakatan bersama, berbagi peran, dan bertukar ide. Mereka dapat mengenalkan ide-ide pribadi yang sudah mereka buat pada kegiatan-kegiatan sebelumnya sebagai alternatif ide untuk didiskusikan dalam tim saat memutuskan ide usaha kelompok.
Tugas:
Mengisi lembar kerja : “Tabel Berbagi Peran” dan “Check List Kegiatan”
Format Tabel berbagi peran :
Demikian kegiatan Projek kali ini, tetap semangat yaa...
Awas No Mabar/Push Yak....Yang mabar didoain ranknya EPIC,...
Awas No Mabar/Push Yak....Yang mabar didoain ranknya EPIC,...
Social Plugin