P5 Kelas 7 Kewirausahaan Day 1

 


Hari / Tanggal     : Senin / 12 November 2024

AKTIVITAS 1 : Pengenalan Projek

Waktu        : 1 JP

Tujuan : 

Murid mampu menjelaskan tujuan dan alur pelaksanaan projek dan merefleksikan harapan, kekhawatiran, dan tantangan dalam projek.

Dimensi Profil Pelajar Pancasila : Mandiri

Rangkaian Kegiatan :

Pelaksanaan : sebelum memulai aktivitas P5 diharapkan guru bersama murid membuat kesepakatan kelas terlebih dahulu.

Murid didampingi guru/ fasilitator membahas secara bersama beberapa pertanyaan dibawah ini,

  1. Apa yang kalian harapkan dari Projek kewirausahaan?
  2. Apa kekhawatiran yang kalian miliki dari Projek kewirausahaan ini?
  3. Apa tantangan yang kalian perkirakan akan kalian hadapai pada projek ini?

Produk : Jurnal Murid 

AKTIVITAS 2 : Pengertian Wirausaha dan pentingnya menjadi wirausahawan.

Waktu     : 4 JP

Tujuan : 

Murid mampu menjelaskan pengertian wirausaha dan pentingnya menjadi wirausahawan

Pelaksanaan : 

1. Murid dibantu Guru menjawab beberapa pertanyaan pemantik berikut ini:
a) Apa yang kalian ketahui tentang wirausaha?
b) Menurut kalian mengapa wirausaha penting?
c) Mengapa peserta didik perlu mempelajari kewirausahaan?
   (ini tidak perlu ditulis cukup tanya jawab secara lisan)

2. Murid mengamati dengan seksama beberapa gambar (pengusaha vs pegawai) dibawah ini. Lalu menurutmu Mana yang menggambarkan pengusaha dan mana yang bukan? Apa perbedaannya? 

Gambar wirausaha vs pekerja

  

3.  Murid dibagi dalam kelompok, masing-masing kelompok terdiri dari 4-5 orang. (sesuaikan dengan kondisi dalam kelas masing-masing )

a) Murid membaca artikel / menonton video tentang kewirausahaan dan mendiskusikannya dalam  kelompok dan membuat ringkasan hasil diskusinya dalam bentuk mind map, slides, dan lain sebagainya.

Berikut ini adalah link artikel yang harus dibaca :

Artikel 1 ( Silakan Klik Gambar )  

Artikel 2 ( Silakan Klik Gambar ) 

Tayangan Video : 




Silakan ditonton dan diamati sesuai dengan instruksi yang diberikan. 

5.  Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya

6.  DIpandu oleh Guru, murid melakukan refleksi dan melakukan penguatan tentang makna wirausaha/enterpreneur.

orang yang pandai atau berbakat dan inovatif dalam melakukan aktivitas kewirausahaan baik mengenali produk baru, menentukan cara produksi produk baru, menyusun manajemen operasional pengadaan produk, memasarkan produk, dan mengatur sistem permodalan usahanya”.

Tugas: Presentasi murid (dalam bentuk mind map, slides, dsbnya).

AKTIVITAS 3 : Mengenal Karakter Kewirausahaan

Waktu : 3 JP

Tujuan : Murid mampu mengidentifikasi karakteristik seorang wirausahawan.

Pelaksanaan 

1) Bersama Guru, murid mereview kembali kegiatan/aktivitas sebelumnya.

2) Murid bekerja dalam kelompok membaca artikel/menonton video tentang wirausahawan yang sukses

3) Murid berdiskusi dalam kelompok  Mengidentifikasi sikap-sikap yang dimiliki tokoh wirausahawan dalam bacaan/tontonan:  

  1. Bagaimana sikap atau karakteristik tokoh? 
  2. Apakah kamu memiliki sikap dan adalah seorang wirausahawan. 
  3. Mengidentifikasi sikap-sikap yang dimiliki karakteristik yang sama dengan tokoh?
  4. Perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusinya

Tugas: 
Mencari tahu anggota keluarga/masyarakat yang rausahawan:  Apakah kamu mengenal seorang pengusaha atau wiraswasta? Bagaimana sikap atau karakteristik mereka? Apakah kamu memiliki sikap dan karakteristik yang sama dengan mereka?
Menjawab pertanyaan pada lembar tugas (terlampir)

Lembar Tugas 



Referensi Tokoh Wirausaha : 


Demikian rangkaian kegiatan P5 untuk hari ini, tetap semangat dalam belajar yaa...

"Fokus pada diri, karena dia mengetik pake jari,.. bukan Hati.."