Waktu : 4 JP
Tujuan :
Murid mampu menghargai perbedaan suku budaya,agama dan bahasa
Murid mampu menyampaikan informasi terkait budaya daerah
Murid mampu bersikap positif terhadap budaya luar
Kegiatan :
Murid menyimak tayangan video yang telah disiapkan
Murid dan guru melakukan tanya jawab terkait tayangan video
Murid mencari informasi tentang nama, kelas, suku, agama, makanan khas daerah, budaya daerah, dan bahasa ibu yang digunakan oleh teman satu kelompok.
Perwakilan murid mempresentasikan hasil temuannya.
Murid dibimbing guru menyimpulkan mayoritas murid di kelas
Aktivitas 8 ( Refleksi Awal )
Waktu : 1 JP
Tujuan :
Murid dapat mengaitkan pembelajaran yang telah dipelajarinya dengan kehidupannya
Kegiatan :
Murid mengisi lembar refleksi/ mengisi form yang diberikan lewat link
Produk: Refleksi murid.
Aktivitas 9 ( Mengenal Sejarah dan Teknik Pembuatan Batik )
Tujuan :
Murid dapat menjelaskan sejarah dan teknik pembuatan Batik.
Kegiatan :
Peserta didik mengamati tayangan sejarah dan teknik pembuatan Batik pada video dibawah secara bersama - sama dengan baik.
dalam prosesnya, siswa dapat mencatat hal - hal yang perlu diperhatikan mengenai materi Batik tersebut. peserta didik dapat mulai mengumpulkan beberapa informasi dengan mengacu pada beberapa pertanyaan berikut :
Apa yang kalian ketahui tentang Batik?
Bagaimana pembuatannya?
Bagaimana dengan jenis-jenisnya?
Bagaimana perkembangan Batik seiring berjalannya waktu?
Bagaimana batik menjadi warisan budaya yang diakui oleh UNESCO?
Ringkasan jawaban tersebut diatas dapat dituliskan langsung oleh peserta didik pada Kertas Folio bergaris atau buku catatan Projek. Penting bagi siswa untuk memperhatikan dengan seksama materi yang disajikan di lapangan.
Produk : Ringkasan intisari materi yang disajikan, minimal 75 kata.
Social Plugin