Day 4 P5 Kearifan Lokal Kelas 7 & 8



AKTIVITAS 10 ( 4 JP )

Mengenal Pengertian, jenis-jenis, dan struktur artikel 

Tujuan : 
  1. Siswa mampu memahami pengertian, tujuan, dan ciri-ciri artikel.
  2. Siswa mampu mengidentifikasi struktur dan unsur-unsur penting dalam artikel.
  3. Siswa mampu menentukan topik dan mengumpulkan informasi yang relevan untuk penulisan artikel.
  4. Siswa mampu menulis artikel dengan struktur dan bahasa yang baik dan benar.
  5. Siswa mampu mempublikasikan dan mempresentasikan artikel yang telah dibuat.
Pelaksanaan:

1. Guru mengajukan pertanyaan pemantik:
    Apakah kalian suka membaca artikel?
    Apa yang kalian pahami tentang artikel?
    Dapatkah kalian sebutkan tentang jenis-jenis artikel?
2.  Murid menonton dan menyimak tayangan video dan membaca artikel
3. Murid mendiskusikan hasil tontonan dan bacaannya dalam kelompok
4. Murid membuat ringkasan dengan mengacu pada pertanyaan berikut : 

a. Apa yang dimaksud dengan artikel?

b. Sebutkan dan jelaskan beberapa jenis artikel yang kamu ketahui!

c. Apa perbedaan antara artikel berita dan artikel opini?

d. Jelaskan struktur umum sebuah artikel!

e. Mengapa judul artikel penting?

f. Apa fungsi kepala berita/lead dalam artikel?

g. Bagaimana cara mengembangkan isi artikel yang baik?

h. Apa tujuan dari penutup artikel?

i.Selain struktur umum, apa saja unsur lain yang perlu diperhatikan dalam menulis artikel?

j.Mengapa penting untuk memahami jenis dan struktur artikel sebelum menulis?

5. Murid mempresentasikan hasil ringkasannya

 Produk:  Ringkasan dari tayangan video dan artikel (RIngkasan boleh dalam bentuk mind map atau lainnya)
 
Tayangan Video : 




AKTIVITAS 11
Menganalisis Jenis dan Struktur artikel 

Tujuan :
  1. Siswa mampu mengidentifikasi jenis artikel yang mereka temukan di internet.
  2. Siswa mampu memahami struktur umum artikel (judul, kepala berita/lead, tubuh artikel, penutup).
  3. Siswa mampu menganalisis isi artikel dan mengaitkannya dengan jenis artikelnya.
Rangkaian Pelaksanaan Kegiatan:
A. Berbagi Temuan (1 JP):
  1. Masing-masing siswa/i mencari sebuah artikel dari internet
  2. Siswa diminta untuk menunjukkan artikel yang telah mereka cari di internet.
  3. Beberapa siswa diminta untuk membacakan artikelnya dan menjelaskan alasan mereka memilih artikel tersebut.
  4. Guru dapat membimbing diskusi dengan menanyakan jenis artikel apa yang paling banyak ditemukan, dan apa saja topik yang dibahas dalam artikel-artikel tersebut.
B. Mengenal Struktur Artikel (1 JP):
  1. Guru menjelaskan struktur umum artikel (judul, kepala berita/lead, tubuh artikel, penutup) dengan menggunakan contoh artikel yang ditampilkan siswa. ( Pada tayangan Video aktivitas sebelumnya/ diatas )
  2. Siswa secara bergantian diminta untuk menunjukkan bagian-bagian struktur artikel pada artikel yang mereka bawa.
  3. Siswa dapat menjawab acuan pertanyaan berikut ini seperti:
  • Coba bacakan judul artikelnya?!"
  • "Informasi penting apa yang disampaikan di awal paragraf?" (kepala berita/lead)
  • "Apa isi utama dari artikel ini?" (tubuh artikel)
  • "Bagaimana artikel ini diakhiri?" (penutup)
Mengidentifikasi Jenis Artikel (1 JP):
  1. Guru menjelaskan jenis-jenis artikel (berita, opini, asumsi, fakta) dengan bahasa yang sederhana dan contoh yang mudah dipahami siswa SMP. ( pada tayangan video dibawah )
  2. Siswa diminta untuk mengidentifikasi jenis artikel yang mereka bawa dengan memberikan alasannya berdasarkan ciri-ciri yang telah dijelaskan guru.
  3. Guru membimbing diskusi kelas dengan menanyakan:
  • "Menurut kalian, artikel ini termasuk jenis apa? Mengapa?"
  • "Apa perbedaan artikel ini dengan artikel yang jenisnya berbeda?"
Diskusi dan Presentasi ( 1 JP):
  1. setiap kelompok menyiapkan jenis artikel yang mereka bawa. ( link artikel di HP )
  2. Setiap kelompok mendiskusikan isi artikel mereka dan menjawab pertanyaan-pertanyaan terkait isi artikel, seperti:
  • "Apa topik yang dibahas dalam artikel ini?"
  • "Apa informasi penting yang disampaikan dalam artikel ini?"
  • "Bagaimana cara penulis menyampaikan informasi dalam artikel ini?"

    3. Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
Produk yang Harus Dihasilkan:
  1. Identifikasi jenis artikel dan alasannya.
  2. Analisis singkat tentang isi artikel.
  3. Hasil diskusi kelompok dan presentasi.
Tayangan Video Aktivitas 11 : 


JENIS - JENIS ARTIKEL BACA DISINI

Beli Baju inginya Pake Batik
Jauh - jauh ke rawa lele
ih pengen banget kamu dibilang cantik..
Padahal aku cuma becanda leee... 😁😂😄 ( Sikat di kolom komentar bang ) 😅