AKTIVITAS 15 ( 4 JP )
Mengenal Pengertian, Manfaat dan jenis-jenis konten digital dan etika pembuatannya
Tujuan
- Murid mampu memahami pengertian, jenis-jenis konten digital serta etika pembuatannya
- Murid mampu mengidentifikasi unsur-unsur dalam sebuah konten digital
Pelaksanaan:
1. Guru mengajukan pertanyaan pemantik
- Apa yang kalian pahami dengan istilah konten?
- Dapatkan kalian sebutkan jenis-jenis konten yang kalian temukan di media sosial?
- Hal apa saja yang perlu kalian diperhatikan dalam pembuatan konten di media sosial?
2. Murid menonton dan menyimak tayangan video dan membaca artikel tentang “Konten di Media Sosial”
3. Murid mendiskusikan hasil tontonan dan bacaannya dalam kelompok
4. Murid membuat ringkasan dengan mengacu pada pertanyaan berikut :
- Apa yang dimaksud dengan konten digital?
- Sebutkan dan jelaskan beberapa jenis konten di media sosial!
- Jelaskan etika dalam pembuatan konten sosial!
- Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan konten digital
5. Murid mempresentasikan hasil ringkasannya.
Produk: Ringkasan dari tayangan video dan artikel (RIngkasan boleh dalam bentuk mind map atau lainnya).
Tayangan Video :
AKTIVITAS 16 ( 4 JP )
Menganalisis Jenis dan unsur dari konten digital
Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu mengidentifikasi berbagai jenis konten digital yang mereka temukan di internet (teks, gambar, video, audio, infografis, dll.).
- Siswa mampu menganalisis isi konten digital, termasuk tujuan, pesan yang disampaikan, target audiens, dan potensi dampaknya.
- Siswa mampu mengevaluasi kredibilitas dan validitas sumber informasi dalam konten digital.
- Siswa mampu mengembangkan kesadaran kritis terhadap konten digital dan implikasinya dalam kehidupan sehari-hari.
Jam Pelajaran 1
- Pengantar (15 menit):
- Guru membuka pelajaran dengan diskusi interaktif tentang kebiasaan siswa dalam menggunakan internet dan media sosial.
- Guru memperkenalkan konsep "konten digital" dan berbagai jenisnya.
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat cara berpikir terhadap konten digital.
- Identifikasi Jenis Konten (30 menit):
- Siswa secara individu atau berpasangan mencari contoh-contoh konten digital di internet.
- Siswa mengidentifikasi jenis konten yang mereka temukan (teks, gambar, video, dll.) dan mencatatnya.
- Guru memfasilitasi diskusi kelas tentang beragam jenis konten digital dan karakteristiknya.
- Analisis Awal Konten (45 menit):
- Siswa memilih satu contoh konten digital yang menarik bagi mereka.
- Siswa mulai mengisi lembar kerja analisis konten digital (bagian identitas dan tujuan konten).
- Guru memberikan bimbingan dan contoh pertanyaan analisis untuk membantu siswa.
Jam Pelajaran 2
- Diskusi Kelompok (45 menit):
- Siswa dibagi menjadi kelompok yang terdiri dari 4-5 orang.
- Setiap kelompok berbagi contoh konten digital yang mereka analisis.
- Kelompok berdiskusi tentang tujuan, pesan, target audiens, dan potensi dampak dari konten tersebut.
- Guru memantau diskusi kelompok dan memberikan umpan balik.
- Analisis Lanjutan (45 menit):
- Setiap kelompok melanjutkan analisis konten digital mereka dengan fokus pada kredibilitas sumber informasi dan validitas konten.
- Siswa mencari informasi tambahan jika diperlukan untuk mendukung analisis mereka.
- Guru memberikan panduan tentang cara mengevaluasi sumber informasi dan membedakan fakta dari opini.
Jam Pelajaran 3
- Presentasi Kelompok (60 menit):
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil analisis konten digital mereka di depan kelas.
- Presentasi mencakup identifikasi jenis konten, tujuan, pesan, target audiens, potensi dampak, kredibilitas sumber, dan validitas konten.
- Siswa dari kelompok lain memberikan pertanyaan atau komentar конструктив.
- Guru memberikan umpan balik dan penilaian terhadap presentasi kelompok.
- Diskusi Kelas (30 menit):
- Guru memfasilitasi diskusi kelas tentang pelajaran yang dapat diambil dari analisis konten digital.
- Siswa berbagi pengalaman dan refleksi tentang bagaimana mereka akan berinteraksi dengan konten digital di masa depan.
Jam Pelajaran 4
- Refleksi Individu (30 menit):
- Siswa menulis refleksi individu tentang pengalaman mereka dalam menganalisis konten digital.
- Refleksi mencakup apa yang mereka pelajari, bagaimana mereka akan menerapkan pengetahuan ini, dan tantangan apa yang mereka hadapi.
- Penugasan Produk Kelompok (60 menit):
- Setiap kelompok memilih satu jenis konten digital yang ingin mereka buat (misalnya, infografis, video pendek, atau postingan media sosial).
- Kelompok merencanakan dan membuat konten digital yang informatif, menarik, dan bertanggung jawab.
- Konten digital harus relevan dengan tema yang telah dipelajari dan mencerminkan pemahaman siswa tentang analisis konten digital.
Produk Penugasan Kelompok
- Laporan analisis konten digital (lembar kerja yang diisi lengkap).
- Presentasi kelompok tentang hasil analisis konten digital.
- Konten digital yang dibuat oleh kelompok (infografis, video pendek, atau postingan media sosial).
Penilaian
Penilaian dilakukan berdasarkan:
- Keaktifan siswa dalam diskusi dan kegiatan kelompok.
- Kualitas analisis konten digital (laporan dan presentasi).
- Kreativitas dan kualitas konten digital yang dibuat oleh kelompok.
- Refleksi individu siswa tentang pengalaman belajar mereka
"Jika engkau merasa lelah dalam belajar, ingatlah ada sebuah mimpi yang ditanamkan oleh mereka yang menyayangimu setiap harinya, disebuat tempat yang kau sebut.. RUMAH"
Kamu... BISA!
Social Plugin