Aktivitas Selasa, 26 Februari 2024
Aktivitas 20 dan 21
Notes : "Bagi Siswa / Kelas yang masih belum menyelesaikan aktivitas kemarin/sebelumnya dapat menyelesaikannya terlebih dahulu". sebelum berlanjut pada aktivitas hari ini."
Aktivitas 20 ( Mencari Peluang ) 3 JP
Tujuan :
Peserta didik mampu perencanaan terkait hal-hal yang bisa dikembangkan dari pemanfaatan akun belajar.id untuk menunjang belajarnya.
Pelaksanaan Kegiatan :
- Siswa duduk dalam kelompoknya berdiskusi tentang pemanfaatan akun belajar.id untuk kebutuhan peserta didik atau sekolah.
- Guru memantau jalannya diskusi, jika ada kelompok yang tampak bingung guru dapat memberikan contoh, seperti Penggunaan aplikasi dalam akun belajar.id yang dapat kamu pakai untuk presentasi adalah .... dan manfaatnya adalah .... Kelebihan dan Kekurangannya ......... Dst.
- Peserta didik mempresentasikan hasil dikusinya.
Tugas : Lembar Perencanaan ( Pada Kertas Folio )
Aktivitas 21 ( Merencanakan Aksi ) 5 JP
Tujuan :
Peserta didik dapat membuat perencanaan aksi
Pelaksanaan Kegiatan :
- Siswa dipandu Guru mengulas pembelajaran sebelumnya /perencanaan yang telah dilakukan oleh siswa dengan memanfaatkan akun belajar.id dan menjawab pertanyaan pemantik seperti : “Menurut kalian, perubahan positif apa yang akan terjadi pada sekolah kita jika ide kalian berhasil dijalankan?”
- Peserta didik duduk dalam kelompoknya dan mulai bekerja sama membuat mind mapping eksekusi projek, isi konten meliputi (persiapan, pelaksanaan, monitoring, tugas, dan peran) yang merupakan tindak lanjut dari hasil LK aktivitas 20 sebelumnya, pada tahapan pembuatan mind maping siswa diharapkan mampu membuat rangkaian kegiatan seperti tercantum pada kalimat yang didalam kurung. contoh : misalkan hasil aktivitas 20 untuk kebutuhan presensi siswa/absensi, siswa membutuhkan aplikasi seperti google form untuk membuatnya dan google sheet untuk mengelola datanya, nah di aktivitas 21 siswa membuat peta konsep / mind mapping tentang rangkaian kegiatannya seperti persiapan, pelaksanaan, Dst dituangkan kedalam mind mapping. misalkan dalam tahap persiapan siswa membuat list kegiatan persiapan seperti menyiapkan gawai, koneksi internet, jenis aplikasi, Dsb. dalam tahap pelaksanaan, sebutkan langkah kegiatan pembuatannya, tahap monitoring misalkan selama proses aplikasi digunakan apa saja kegiatan untuk memeriksa apakah aplikasi tsb digunakan, misal mengecek data yang masuk, dsb. untuk tahap peran, misalkan pembagian tugas masing-masing siswa dalam membuat, mengelola aplikasi tersebut ) ( aplikasi tidak harus presensi saja, silakan pilih kebutuhan aplikasi apa yang dibutuhkan oleh siswa/kelompok ) misalkan google sheet untuk laporan uang kas kelas, google sites untuk media informasi kelas. Dsb.
- Siswa dapat mencari referensi dalam membuat mind mapping dengan menggunakan aplikasi canva, ( untuk contoh desainnya ) siswa dapat berkolaborasi dengan anggota kelompok lainnya di canva, dengan mengundang gmail satu sama lain. termasuk mengundang gmail guru/walikelasnya. tutorial ada di video dibawah ini.
- Guru memantau setiap kelompok. hasil design mind mapping didownload lalu dibagikan via grup kelas masing - masing sehingga seluruh siswa dalam kelas dapat melihat dan menanggapi hasilnya.
- Setiap kelompok mempresentasikan rencana masing-masing dan ditanggapi oleh kelompok lain.
Tugas : Mind Mapping dan presentasi kelompok
Tutorial membuat mind mapping di canva
Tutorial kolaborasi didalam canva
Contoh Mind Mapping :
Alhamdulillah, Aktivitas Hari ini telah selesai.
terima kasih atas waktu dan kerjasamanya teman - teman..
See u tomorrow....
Tenta BISA!
0 Komentar