Sahabat Lingkungan Hidup

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

Relevansi Tema dan Topik Bagi Sekolah

Persoalan lingkungan merupakan masalah dunia yang terjadi hampir di semua negara, terutama negara berkembang—tentu termasuk Indonesia. Isu lingkungan hidup  seperti  Polusi  udara,  Banjir,  Cuaca  Ekstrem,  Peningkatan  Suhu  Global, permasalahan  sampah  dan  permasalahan  lingkungan  lainnya   terjadi  salah satunya  disebabkan  oleh  gaya  hidup  manusia  seperti   membuang  sampah sembarangan, menggunakan energi listrik yang berlebihan, menggunakan plastik sekali pakai, dan lain sebagainya.

Untuk  mengurangi  permasalahan  lingkungan  tersebut  diperlukan  pendidikan tentang Gaya Hidup Berkelanjutan. Gaya Hidup Berkelanjutan atau  Sustainable living adalah cara hidup yang bertujuan untuk meminimalkan dampak negatif terhadap lingkungan untuk meningkatkan kesejahteraan manusia pada saat ini maupun generasi mendatang.

Hasil analisa dari WHO mengenai Gaya Hidup Berkelanjutan dan Kesehatan Sosial dan Lingkungan, yang ditulis pada tahun 2018 menunjukkan bahwa Gaya Hidup Berkelanjutan merupakan faktor penentu Kesehatan sosial dan lingkungan- udara bersih, air minum yang aman, makanan yang cukup dan tempat tinggal yang aman. (https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/climate-change-and-health )

SMP Negeri 10 Tangerang sebagai lembaga pendidikan memiliki tanggung jawab untuk memberikan edukasi terhadap peserta didik akan pentingnya menerapkan Gaya Hidup Berkelanjutan.  Pendidikan mengenai upaya pemeliharaan kelestarian lingkungan hidup perlu disampaikan kepada peserta didik sebagai generasi muda. Di masa depan, mereka akan berada di garis depan dalam menjaga kelestarian lingkungan  hidup,  sehingga  mereka  perlu  bersiap  diri  untuk  mengambil  peran tersebut.

Peserta didik perlu memahami apa yang menjadi isu global terkait lingkungan hidup, mengapa bisa terjadi, apa dampaknya terhadap kehidupan mereka, dan bagaimana mereka  bisa  melakukan  tindakan  nyata  dalam  mitigasi  (pencegahan  kerusakan

/pemulihan  lingkungan  hidup)  serta  adaptasi  (penyesuaian  cara  hidup  untuk memperbaiki kerusakan lingkungan). Sebagai salah satu pusat pendidikan, sekolah memegang peranan penting dalam mempersiapkan peserta didik untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup dan masa depan bumi.

Deskripsi Singkat Projek

Modul projek “Sahabat Lingkungan Hidup” terdiri dari 21 Aktivitas dan memiliki kurang lebih 120 JP termasuk tahap persiapan dan remedial/pengayaan. Melalui projek ini peserta didik akan dikenalkan pada isu-isu terkait kerusakan lingkungan hidup  yang  disebabkan  oleh   penggunaan  sampah  plastik  sekali  pakai  dan  , penggunaan  energi  listrik  yang  berlebihan,  mengapa  dapat  terjadi,  apa dampaknya terhadap kehidupan peserta didik. Peserta didik juga dibimbing untuk dapat melakukan tindakan nyata dalam pencegahan kerusakan dan pemulihan lingkungan hidup.

Pemetaan Dimensi, Elemen, dan Sub Elemen Profil Pelajar Pancasila


Rubrik Pencapaian


Tujuan Modul Projek

Tujuan Spesifik


Tahapan dan Alur Kegiatan Projek secara Umum


Pembiasaan-pembiasaan
  1. Menyediakan bahan bacaan, alat tulis daur ulang yang ada seperti, memakai kertas bekas untuk menulis draf artikel, memakai botol bekas, kertas koran dan bahan bekas lainnya untuk pembuatan poster atau dekorasi untuk kampanye
  2. Mengingatkan para peserta didik untuk lebih baik mengurangi sampah daripada mendaur ulang, seperti dengan pengurangan pemakaian kemasan 1x pakai, membawa botol minum sendiri, membawa tas belanja dll.
  3. Mengingatkan peserta didik bahwa semua ekosistem saling berhubungan bahkan air yang dibuang di toilet. Sebisa mungkin menghemat pemakaian air, sabun, listrik, dll Mengingatkan peserta didik untuk meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor jika jarak tempuhnya dapat dicapai dengan berjalan kaki atau naik sepeda Dan mengusahakan untuk menggunakan kendaraan umum apabila jaraknya jauh jika memungkinkan.
Waktu Pelaksanaan

Hari Tanggal             : Selasa / 17 - 27 September 2024 
Waktu                        : Sesuai Jadwal KBM
Ruang                        : Kelas Masing - masing.

Sasaran Kegiatan Projek

Sasaran kegiatan : Peserta Didik Kelas 7, 8 dan 9 SMPN 10 Tangerang

Tahapan Kegiatan

  1. Tahap Pengenalan : Terdiri dari berbagai aktivitas pengenalan
  2. Tahap KOntekstual : Terdiri dari berbagai aktivitas Pemahaman dan pelibatan konsep terhadap lingkungan sekitar.
  3. Tahap Aksi : Terdiri dari berbagai tahap implementasi konsep dan materi projek dalam bentuk karya siswa.
Pelaksanaan Kegiatan 

Setiap hari Siswa akan diberikan tahapan aktivitas yang dilalui dengan bentuk pendampingan oleh Fasilitator / Guru secara berkala sesuai Jadwal kegiatan yang telah ditetapkan.

Tahap Persiapan 

Sebagai Langkah awal kegiatan, berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan oleh Peserta Didik baik secara Personal maupun PerKelas. 

1. Tumbler, tempat dan alat makan / Perorangan ( Pendukung kegiatan Pembiasaan Sekolah Sehat dan Ramah Lingkungan )
2. Snaillhecter utk portofolio ( Perorangan ) sebagai Dokumen kegiatan siswa selama Projek berlangsung untuk melampirkan hasil aktivitas harian Siswa. 
3. Kerta folio bergaris ( Perorangan ) sebagai media untuk aktivitas Projek dalam melakukan aktivitas yang diberikan.
4. HP (bagi yang punya) ( perorangan ) sebagai media untuk mengakses berbagai aktivitas yang harus dilalui peserta didik setiap harinya, pastikan kondisi baterai dan Kuota Internet tersedia. 
5. Setiap kelas menyiapkan trash bag. ( per kelas ) sebagai media untuk implementasi kegiatan ramah lingkungan di Sekolah. 

Akses Informasi Kegiatan. 

Setiap aktivitas kegiatan akan dibagikan pada laman ini setiap harinya, sebagai acuan bagi peserta didik dan fasilitator dalam melaksanakan kegiatan Projek. Siswa dan guru dapat mengakses link aktivitas yang akan disediakan dibawah ini. 

Silakan diakses dibawah ini. 



Posting Komentar

2 Komentar