Tahap VII ( Edisi Rabu 25 September 2024 )

 

Melanjutkan Aktivitas 16 Sebelumnya. Alokasi Waktu 2 JP. Jika sudah dapat melanjutkan ke Aktivitas 17 dan 18. 

Aktivitas 16 
( Kampanye Aksi – Sosialisasi Isu Lingkungan Hidup dan Gaya Hidup Berkelanjutan )

Waktu : 3 x 40 menit

1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok

2. Peserta didik mempersiapkan bahan-bahan aksi kampanye

Rangkaian Kegiatan : 
  1. Dalam kelompok, peserta didik mengingat kembali aktivitas-aktivitas yang pernah dilakukan sebelumnya.
  2. Peserta didik melakukan brainstorming aktivitas  yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan hidup khususnya dalam memperbaiki pengelolaan sampah plastik di sekolah.
  3. Peserta didik mendiskusikan hal-hal yang akan disampaikan dalam kampanyenya
  4. Peserta didik melakukan aksi kampanyenya di media sosial ( instragram, tik tok)
Ketentuan Isi Kampanye :
  • Durasi  30-60 detik
  • Konten/ Pesan harus sesuai Tema
  • Video berupa pesan dalam bentuk peraga/ tulis/ suara (pilih salah satu)
  • Video tidak boleh mengandung SARA dan Pornografi
  • Video yang dibuat harus orisinil atau buatan sendiri, tidak mencontoh atau menjiplak hasil karya orang lain serta belum pernah dipublikasikan .

Tugas : Membuat Video Kampanye di Sosial Media ( Instagram & Tiktok ) 

Link Hasil Posting Video Kampanye dapat dibagikan via Grup Kelas masing-masing agar dapat langsung dinilai oleh Walikelas sebagai Fasilitator. Format pelaporan dalam Chat Grup seperti dibawah ini : 
1. Nama Siswa 1 : Link Instagram/ TIktok.
2. Nama Siswa 2 : Link Instagram/ TIktok.
3. Lanjutkan...


Aktivitas 17

Evaluasi efektivitas aksi yang telah dilakukan dan hubungannya dengan tujuan menjadikan bumi sehat.

Waktu 3 x 40 Menit

  1. Murid mengevaluasi aksi yang telah dilakukan dengan memperhatikan umpan balik  konstruktif yang mereka terima dari hasil sosialisasi aksi dan selama periode  melakukan aksi.
  2. Setiap kelompok kemudian melakukan refleksi terhadap keberhasilan aksi yang  ditawarkan.
  3. Setiap kelompok dibantu Guru menghubungkan kampanye aksi yang mereka  lakukan dengan tujuan utama yaitu mengurangi penggunaan sampah plastik di  lingkungan sekitar. Pertanyaan refleksi yang dapat dijawab bersama adalah:
  • Bagaimana respon komunitas sekolah terhadap solusi aksi yang  ditawarkan? ( bagaimana postingan aksi nyata yang dilakukan apakah menerima respon di sosial media dalam jumlah tayangan atau komentar, likes ?)
  • Tantangan apa yang menghalangi implementasi aksi tersebut secara  berkelanjutan di sekolah? ( kira - kira hambatan apa yang bisa ditemukan dalam merealisasikan aksi nyata yang dilakukan? )
  • Apa keberhasilan yang dapat dilihat dari periode melakukan aksi? 
4. Setelah melakukan refleksi, murid menuliskan hasil refleksi terhadap aksi mereka.  Setelah itu, guru memandu murid untuk mulai merencanakan hal apa yang ingin  ditampilkan dalam pameran hasil aksi.

Tugas : Menulis hasil refleksi  terhadap aksi yang telah mereka lakukan, melalui Format dibawah ini. 



Aktivitas 18 
Merancang Aksi Nyata di Lingkungan Sekolah 

Waktu 2 x 40 menit.

  1. Guru memulai sesi dengan mengingatkan murid hubungan antara penggunaan sampah plastik dengan  masalah kesehatan di bumi dan menjaga gaya hidup berkelanjutan dengan mengulang kembali intisari  dan/atau menanyakan kepada murid pelajaran yang sudah didapat dari aktivitas sebelumnya (terutama dari  hasil riset dan kampanye di Sosial Media).
  2. Secara berkelompok murid kemudian menentukan hal apa saja yang ingin ditunjukan dalam perjalanan  projek ini. Aspek penting yang dapat ditampilkan meliputi/ mewakili beberapa hal seperti dibawah ini : 
  • Keadaan Awal: menjelaskan mengenai masalah yang didapat dari hasil riset dan observasi lingkungan sekolah.
  • Tahap Riset: berisi hasil riset yang didapatkan dari pembicara tamu, kunjungan belajar dan riset mandiri
  • Tahap Perencanaan Aksi: berisi proses mengambil keputusan melakukan solusi aksi yang ditawarkan
  • Tahap Aksi: berisi proses kampanye aksi dan melakukan aksi bersama di sekolah
  • Tahap Refleksi & Evaluasi: berisi hasil refleksi murid terhadap keberhasilan aksi yang dilakukan dan  upaya agar aksi ini berkelanjutan.
  • Setiap aspek dapat digambarkan/dijelaskan dengan bantuan elemen visual yang disepakati oleh setiap  kelompok (misal poster/infografis/peta pikiran/video)
  • Setiap kelompok mendiskusikan dengan guru rencana aksi nyata untuk kelompok tersebut, hingga  mungkin bentuk penyusunan meja/pokok untuk menampilkan poster/hasil karya kelompoknya
  • Murid dapat juga membawa alat atau contoh hasil aksi yang mereka lakukan, misalnya kompos, karya dari  sampah plastik; hasil poster buatan bersama untuk mengurangi penggunaan sampah plastik di sekolah.
    3. Sesuai dengan Kesepakatan yang sudah disetujui bersama, bahwa aksi nyata untuk setiap Tingkat Kelas berbeda, maka komponen aspek diatas nantinya dapat dituangkan kedalam Rencana Aksi Nyata yang akan dilakukan pada masing - masing kelas. Misalkan untuk Kelas 8 dalam merancang taman kelas yang estetik dibutuhkan hal apa saja, desain seperti apa yang akan dilakukan, tuangkan ide gagasan tersebut pada Format Rencana Kerja dibawah ini. Hal ini berlaku juga pada Tingkat Kelas 9 dan misalkan Membuat rencana desain Gambar seperti apa Dan sebagainya silakan sesuaikan dengan Kesepakatan bersama. Untuk Kelas 7 juga berlaku hal yang sama. 

Tugas : Membuat Rencana Aksi pada Lingkungan Sekolah 

Format Rencana Kerja Aksi Nyata pada Lingkungan Sekolah 


Selamat mengerjakan. .....


"Buanglah Sampah pada tempat seharusnya, meski ia hanya sehelai Daun, Dihadapan Tuhan Yang Kau lakukan adalah Kebaikan. Lakukan! Karena Engkau takkan pernah tau dari Kebaikan mana kau kan dapatkan Pintu Surga MilikNya......"  

Note : Bagi yang kesulitan menjawab aktivitas 17 dapat melihat contoh pada link dibawah ini. 

TENTA...BISA!