Tahap VI ( Edisi Selasa 24 September 2024 )

 

Lanjutan : Lengkapi Aktivitas Sebelumnya.

Aktivitas 14 ( Pengorganisasian data & penyajian data secara mandiri:  Menyusun ide aksi nyata yang dapat dilakukan sehari-hari )

Waktu : 2 x 40 Menit

Pada tahapan ini, Murid dibimbing Guru untuk mulai mempersiapkan tahap aksi nyata yang bisa dilakukan berdasarkan hasil pengamatan Data observasi sebelumnya yang telah dilakukan. Dimulai dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini : 
  1. Dari olahan data yang kalian temui, apa temuan baru yang kalian dapatkan?
  2. Apakah masalah utama dari tingkat pencemaran sampah plastik di lingkungan kita?
  3. Bagaimana gaya hidup yang ada di komunitas terdekat kita? Apakah berkontribusi dalam  menjaga gaya hidup berkelanjutan?
  4. Apakah solusi yang kamu tawarkan untuk berkontribusi dalam gaya hidup berkelanjutan?
  5. Apakah pertimbangan dalam mengambil solusi tersebut?
  6. Apakah strategi yang kamu tawarkan agar solusi tersebut dapat dilakukan secara  berkelanjutan oleh komunitas sekolah?
Selama proses diskusi, penting bagi guru untuk berkeliling, tidak hanya mengawasi namun juga  turut aktif dalam memberikan pertanyaan lanjutan untuk memantik diskusi lebih dalam. 

Tujuan dari diskusi ini adalah agar setiap kelompok mendapatkan ide aksi untuk dilakukan di  komunitas sekolah, sebagai kontribusi bersama dalam menjaga gaya hidup berkelanjutan. Murid  akan menjabarkan hasil riset yang didapatkan dari projek ini, dan juga akan mempresentasikan solusi  aksi yang ditawarkan.

Tugas : Murid menyusun  rencana aksi  nyata pada Lembar Kerja berikut ini. 


Aktivitas 15 

(memresentasikan isu dan solusi aksi yang ditawarkan sesuai dengan pengelompokkan masalah )

Waktu : 3 x 40 menit

Rangkaian kegiatan : 

  1. Murid secara kelompok bergantian mempresentasikan lembar kerja Rencana Aksi mereka dan  menjawab pertanyaan yang ditujukan kepada mereka dalam sesi tanya jawab.
  2. Guru memberikan umpan balik tertulis atas presentasi kelompok di akhir sesi  sebagai bagian dari asesmen formatif (terlampir).
  3. setiap kelompok diminta untuk memberikan satu  kesimpulan dari hasil presentasi yang ada di akhir presentasi.
  4. Murid menerima penguatan kembali tentang keterkaitan antara sumber sampah plastik dengan gaya  hidup berkelanjutan, dan pentingnya peran aktif dari setiap individu dalam komunitas  untuk mengatasi masalah ini.
  5. Sesudah presentasi, berikan waktu bagi setiap kelompok untuk kemudian merevisi  solusi aksinya berdasarkan umpan balik yang didapatkan dari kelompok lain.

Tugas : Setiap kelompok  membuat paparan untuk  presentasi.

Untuk memperoleh hasil maksimal dalam tahap Presentasi, murid dapat memperhatikan kriteria penilaian Presentasi berikut ini. 


Aktivitas 16 
( Kampanye Aksi – Sosialisasi Isu Lingkungan Hidup dan Gaya Hidup Berkelanjutan )

Waktu : 3 x 40 menit

1. Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok

2. Peserta didik mempersiapkan bahan-bahan aksi kampanye

Rangkaian Kegiatan : 
  1. Dalam kelompok, peserta didik mengingat kembali aktivitas-aktivitas yang pernah dilakukan sebelumnya.
  2. Peserta didik melakukan brainstorming aktivitas  yang dapat dilakukan untuk menjaga lingkungan hidup khususnya dalam memperbaiki pengelolaan sampah plastik di sekolah.
  3. Peserta didik mendiskusikan hal-hal yang akan disampaikan dalam kampanyenya
  4. Peserta didik melakukan aksi kampanyenya di media sosial ( instragram, tik tok)
Ketentuan Isi Kampanye :
  • Durasi  30-60 detik
  • Konten/ Pesan harus sesuai Tema
  • Video berupa pesan dalam bentuk peraga/ tulis/ suara (pilih salah satu)
  • Video tidak boleh mengandung SARA dan Pornografi
  • Video yang dibuat harus orisinil atau buatan sendiri, tidak mencontoh atau menjiplak hasil karya orang lain serta belum pernah dipublikasikan .

Tugas : Membuat Video Kampanye di Sosial Media ( Instagram & Tiktok ) 

Link Hasil Posting Video Kampanye dapat dibagikan via Grup Kelas masing-masing agar dapat langsung dinilai oleh Walikelas sebagai Fasilitator. Format pelaporan dalam Chat Grup seperti dibawah ini : 
1. Nama Siswa 1 : Link Instagram/ TIktok.
2. Nama Siswa 2 : Link Instagram/ TIktok.
3. Lanjutkan...

Semangat Berkreasi! Semangat Perubahan.. Jadikan Lingkungan Tenta Menjadi Lebih bersih lagi..
Tenta BISA!

"Sampah plastik itu udah kayak janji palsu, mudah diucapkan namun mudah pula untuk dilupakan" mudah ditemukan, mudah pula ditinggalkan 😁