Tahap V P5 ( Edisi Senin 23 September 2024 )

 

tebak lokasi gambar diatas dimana?

Aktivitas 12 ( Eksplorasi Pemahaman Tentang Diskusi Lingkungan, 3R bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang )

Waktu 3 x 40 menit. 

Pelaksanaan Kegiatan : 

  1. Guru memandu acara Kegiatan Diskusi Lingkungan bersama DLH Kota Tangerang, murid diminta untuk mempersiapkan Buku dan Alat tulis untuk mengisi laporan kegiatan. Siswa dilarang menggunakan Handphone selama kegiatan demi ketertiban acara. 
  2. Selama kegiatan diskusi berlangsung, murid didampingi oleh walikelas/ Fasilitator agar acara bisa berlangsung secara tertib. Murid menyimak secara seksama dan dapat berinteraksi dengan melontarkan pertanyaan seputar materi yang diberikan. 
  3. selesai kegiatan dilapangan, murid mengerjakan Lembar Kerja Pengamatan kegiatan pada kertas Folio bergaris, dikerjakan secara perorangan dengan Format pengisian seperti dibawah ini.
Tugas : Mengisi Lembar Kerja Pengamatan Kegiatan

Aktivitas 13 ( Pengorganisasian data & penyajian data: Mengelompokkan isu bumi tidak sehat dan sumber sampah plastik-- Diskusi design thinking: mencoba mencari solusi  terhadap permasalahan atau isu yang muncul )

Waktu : 2 x 40 menit.

Pelaksanaan Kegiatan :

Sebelum membahas secara spesifik tentang aksi mewujudkan bumi sehat terbebas dari  sampah dan mengurangi sampah plastik sebagai bagian dari gaya hidup berkelanjutan, guru  bersama murid membahas tentang gunanya pengumpulan, pengorganisasian, dan penyajian data. Murid dibantu guru menjawab Beberapa  pertanyaan berikut:

  1. Apakah data itu? Mengapa kita perlu menggunakan data?
  2. Dalam keseharian secara sederhana, dalam bentuk apa kita menggunakan pengolahan  data?
  3. Apa yang terjadi bila kita tidak menggunakan data atau data tidak memadai saat kita  mencoba untuk memahami dan memecahkan suatu persoalan?
  4. Bagaimana kita bisa mengetahui apakah data yang kita gunakan sudah cukup atau  belum?
  5. Bagaimana kita bisa berbagi tentang data tersebut supaya orang lain mudah  memahaminya?
untuk menguatkan pemahaman tentang Data, murid dapat mengamati tayangan berikut ini, setelah selesai Guru dapat memberikan penguatan dengan memberi contoh terdekat didalam lingkungan kelas.




Murid menerima penjelasan dari Guru cara untuk mengumpulkan, mengorganisasi dan  menyajikan data yang akan dipakai nantinya sebagai basis menjelaskan masalah yang dihadapi  dan solusi yang akan diambil. 
Murid dipandu Guru mempelajari Penjelasan yang berfokus pada tiga pertanyaan berikut ini:
  1. Bagaimana cara mencari tahu tingkat pencemaran sampah plastik yang ada di lingkungan  kita?
  2. Bagaimana mengorganisasi data sehingga mudah untuk digunakan dan dipahami?
  3. Bagaimana cara menyajikan data dengan menarik?
Tugas : 
  1. Murid secara  jigsaw  membaca dan  memahami  bentuk  penyajian data:  bar graph, line  graph, pie chart,  narasi.
  2. Murid memilih  mana yang  paling cocok  dengan data  yang akan  dicari.
Untuk memahami dalam bentuk penyajian Data, murid dapat mengamati tayangan dibawah ini : 


Guru mendampingi proses pengamatan video diatas, sambil memberikan contoh sederhana penerapan data didalam kelas seperti daftar piket, dan sebagainya. 

Aktivitas 14 ( Pengorganisasian data & penyajian data secara mandiri:  Menyusun ide aksi nyata yang dapat dilakukan sehari-hari )

Waktu : 2 x 40 Menit

Pada tahapan ini, Murid dibimbing Guru untuk mulai mempersiapkan tahap aksi nyata yang bisa dilakukan berdasarkan hasil pengamatan Data observasi sebelumnya yang telah dilakukan. Dimulai dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut ini : 
  1. Dari olahan data yang kalian temui, apa temuan baru yang kalian dapatkan?
  2. Apakah masalah utama dari tingkat pencemaran sampah plastik di lingkungan kita?
  3. Bagaimana gaya hidup yang ada di komunitas terdekat kita? Apakah berkontribusi dalam  menjaga gaya hidup berkelanjutan?
  4. Apakah solusi yang kamu tawarkan untuk berkontribusi dalam gaya hidup berkelanjutan?
  5. Apakah pertimbangan dalam mengambil solusi tersebut?
  6. Apakah strategi yang kamu tawarkan agar solusi tersebut dapat dilakukan secara  berkelanjutan oleh komunitas sekolah?
Selama proses diskusi, penting bagi guru untuk berkeliling, tidak hanya mengawasi namun juga  turut aktif dalam memberikan pertanyaan lanjutan untuk memantik diskusi lebih dalam. 

Tujuan dari diskusi ini adalah agar setiap kelompok mendapatkan ide aksi untuk dilakukan di  komunitas sekolah, sebagai kontribusi bersama dalam menjaga gaya hidup berkelanjutan. Murid  akan menjabarkan hasil riset yang didapatkan dari projek ini, dan juga akan mempresentasikan solusi  aksi yang ditawarkan.

Tugas : Murid menyusun  rencana aksi  nyata.

"Mending buang sampah pada tempatnya daripada buang hati sama orang yang salah." 🙃