AKTIVITAS 7
Wirausaha Kerajinan: Jenis-jenis kerajinan, Tantangan dan Peluang Industry Kreatif.
Waktu : 4 JP
Tujuan:
Murid dapat mengidentifikasi tantangan dan peluang usaha kreatif.
Pelaksanaan
1. Murid dipandu Guru menjawab pertanyaan pemantik berikut ini secara lisan:
a. Apa kalian ketahui tentang kerajinan?
b. Produk kerajinan apa yang kalian beli?
c. Apakah kalian mengetahui cara pengolahannya?
d. Apa yang kalian ketahui tentang bisnis kerajinan?
2. Murid membaca artikel, menonton tayangan video atau menyimak penjelasan guru tentang peluang bisnis kerajinan
3. Murid berdiskusi dalam kelompok, menjawab pertanyaan(pertanyaan terlampir) dan membuat ringkasan dalam bentuk (mindmapping, slides, dsbnya)
Tugas:
Menjawab pertanyaan.
Tayangan Video : Peluang Bisnis Kerajinan
Artikel peluang bisnis kerajinan : Baca Disini atau Disini
Pertanyaan Tentang Peluang Bisnis Kerajinan :
- Setelah menonton video dan membaca artikel, apa yang kamu pahami tentang peluang bisnis kerajinan?
- Menurut kamu, mengapa bisnis kerajinan menjadi salah satu peluang usaha yang menarik?
- Apa saja faktor-faktor yang perlu diperhatikan saat memulai bisnis kerajinan?
- Jika kamu ingin memulai bisnis kerajinan, jenis produk apa yang akan kamu buat? Jelaskan alasanmu
- Bagaimana caramu membuat produk kerajinanmu berbeda dari yang sudah ada?
- Siapa target pasar yang ingin kamu sasar dengan produk kerajinanmu?
- Apa saja tantangan yang mungkin kamu hadapi saat menjalankan bisnis kerajinan? Bagaimana cara mengatasinya?
- Menurutmu, apakah memiliki keterampilan khusus adalah syarat mutlak untuk sukses dalam bisnis kerajinan? Jelaskan
- Bagaimana peran teknologi dalam pengembangan bisnis kerajinan saat ini? Berikan contoh.
- Apakah kamu tertarik untuk mencoba memulai bisnis kerajinan setelah mempelajari materi ini? Mengapa?
AKTIVITAS 8 : Menggali dan Mengembangkan Ide
Waktu: 4JP
Tujuan:
Murid mampu menemukan dan mengembangkan ide yang layak, berdampak, dan kreatif.
Pelaksanaan:
- Murid dibimbing guru melakukan kegiatan imajinasi gambar. Murid melengkapi gambar garis atau simbol yang ada pada kotak sesuai imajinasinya. Murid dapat melengkapi gambar dengan warna. Murid berbagi dan membandingkan hasil imajinasinya dengan teman sebangku/sekelompok.
- perwakilan murid berbagi hasil diskusi dengan temannya.
- murid dibimbing murid untuk melakukan kegiatan kedua yaitu Sepatu Ajaib. dimana kamu diberikan sebuah konteks dengan situasi berikut: murid adalah salah satu peserta kompetisi inovasi muda, di mana mereka diminta untuk membuat inovasi atas salah satu produk kelengkapan sekolah. Murid melengkapi gambar dasar pada jurnal (atau bisa menggambar kembali pada kertas kosong atau pada media digital) menggunakan daya imajinasinya sekreatif mungkin.
- murid dapat mengadakan kegiatan gallery walk agar murid dapat saling melihat hasil kerja teman-temannya
Tugas:
Mengerjakan kegiatan imajinasi gambar ( format gambar dibawah )
Melengkapi tugas sepatu impian pada kegiatan mandiri atau di rumah.
Gambar dasar : Silakan gunakan gambar dasar berikut ini untuk melengkapi tugasmu.
kamu bisa menggunakan mode kertas dengan menggambar seperti contoh dibawah ini. atau kamu juga bisa mengeditnya langsung di canva ketika kamu mengklik gambar tersebut.
Oke Sampai disini dulu aktivitas untuk hari ini, selesaikan setiap tantangan yang diberikan diatas YGY...
"Ingat setiap usahamu selalu bernilai dimata Tuhan, maka berikan yang terbaik... karena yang terbaik selalu mendapatkan hasil yang lebih baik..."
Ingat, kamu punya mimpi.... bangunlah, jemputlah mimpimu seperti kamu meletakan harapanmu padanya....😂
Social Plugin