Observasi dan wawancara usaha kuliner
Waktu : 4 JP
Tujuan:
Murid dapat mengidentifikasi tips menjadi wirausaha Kuliner yang bertanggung jawab.
Pelaksanaan
- Murid didampingi guru mengamati tayangan berbagi praktik baik pengalaman nara sumber Bisnis Kuliner.
- Selamat menonton tayangan murid diharapkan mengamati dengan seksama, guru mendampingi secara intens, berkeliling ruangan untuk memastikan tidak terjadi penyalahgunaan Handphone selama aktivitas, jika ada posisi Handphone Murid miring, sebaiknya diperiksa kawatir disalahgunakan untuk bermain game/ melakukan aktivitas lain.
- setelah mengamati tayangan pada video, diharapkan murid dapat melakukan refleksi pembelajaran dari tayangan dengan mengisi beberapa pertanyaan dibawah ini pada kertas Folio bergaris yang telah kamu sediakan.
- Murid dapat melakukan presentasi jawabanya secara personal didepan kelas secara bergantian.
Tugas : Mengisi Lembar Refleksi
Tayangan Video :
Pertanyaan Refleksi ( Soal dicatat dan sertakan jawabanmu dibawahnya )
- Apa yang paling menginspirasi kamu dari kisah sukses narasumber tersebut?
- Kualitas apa yang menurutmu dimiliki oleh narasumber sehingga ia bisa sukses dalam bisnis kuliner?
- Tantangan apa saja yang pernah dihadapi narasumber? Bagaimana cara ia mengatasinya?
- Keterampilan apa yang perlu kamu kembangkan agar bisa sukses dalam bisnis kuliner?
- Nilai-nilai apa yang bisa kamu ambil dari kisah narasumber untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari?
- Bagaimana kamu bisa memanfaatkan peluang yang ada di sekitarmu untuk memulai bisnis kuliner?
- Apa langkah pertama yang akan kamu lakukan setelah menonton video ini untuk mewujudkan mimpimu di bidang kuliner?
- Menurutmu, apa yang paling penting dalam menjalankan bisnis kuliner? Mengapa?
- Bagaimana teknologi dapat membantu mengembangkan bisnis kuliner?
- Apakah kamu berpikir bahwa bisnis kuliner hanya cocok untuk orang-orang tertentu? Jelaskan alasanmu.
Waktu: 4JP
Tujuan :
Murid dapat merencanakan usaha dengan mengidentifikasi peluang usaha menggunakan model Lean Canvas.
Pelaksanaan:
- Murid duduk berkelompok berdiskusi merencanakan usaha yang akan di jalankan
- Murid dibimbing guru secara berkelompok mengisi Lean Canvas
- Murid mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
Tugas: Mengisi lembar kerja.
Contoh Lean Canvas : ( Untuk Nama Bisnis atau Usaha yang akan dikembangkan silakan disesuaikan, gambar dibawah hanya contoh )
Format Yang harus dikerjakan Murid :
Silakan dikerjakan secara berkelompok mengikuti perintah yang disarankan pada nomor tahapan 1- 3 diatas.
Terima kasih untuk hari ini, sampai bertemu lagi esok hari.... Salam Tenta.. BISA!!
Social Plugin