Para pejuang Melestarikan Budaya Tangerang
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa mampu memahami pentingnya pelestarian budaya lokal.
- Siswa mampu mengidentifikasi dan menggali informasi tentang budaya lokal di Kota Tangerang.
- Siswa mampu membuat karya yang inovatif dan menarik tentang budaya lokal.
- Siswa mampu menggunakan prosedur yang baik dan benar dalam membuat produk inovatif bertema ragam budaya kearifan lokal.
- Siswa mampu bekerja sama dalam tim untuk menghasilkan produk yang berkualitas.
Rangkaian Kegiatan :
Awal Kegiatan
- Guru membuka pelajaran dengan diskusi interaktif tentang budaya lokal yang ada di sekitar siswa.
- Guru menanyakan kepada siswa tentang pengetahuan mereka tentang budaya lokal Tangerang.
- Guru menjelaskan pentingnya melestarikan budaya lokal agar tidak punah.
- Setiap kelompok mulai mempresentasikan hasil karya yang telah dibuat sebagai Produk Akhir Projek, setiap detail karya yang telah dibuat oleh kelompok/ personal disampaikan selama presentasi, mulai dari komponen, tujuan pembuatan/ misi yang ingin disampaikan, dan harapannya kedepan dampak apa yang ingin dibagikan kepada lingkungan sekolah yang lebih luas lagi. Bagi yang belum menyelesaikannya, dapat dilakukan pada hari ini sebagai hari terakhir kegiatan atau tahap aksi nyata P5 yang telah dilakukan. Guru mendampingi selama prosesnya hingga selesai.
- Setiap kelompok saling mengamati hasil karyanya dengan kelompok lain untuk dikoreksi.
- Siswa memberikan masukan dan saran untuk perbaikan karya yang telah dibuat.
- Setiap kelompok merevisi dan melakukan perbaikan terhadap produk yang telah dibuat mereka ( jika memungkinkan ) berdasarkan masukan yang diberikan.
- Guru menjelaskan bahwa Dengan aktivitas ini, siswa tidak hanya belajar tentang budaya lokal, tetapi juga mengembangkan keterampilan membuat karya sesuai tema, berpikir kritis, kreatif, dan bekerja sama dalam tim.
Produk : Kumpulan Karya Aksi Nyata Siswa ( artikel, batik khas sekolah, infografis, Video pendek, Dsb disampaikan kepada Walikelas masing - masing untuk Didata, sebagai referensi untuk Gelar karya P5. )
Akitivas 23 Refleksi dan Evaluasi: Mengukur Dampak P5 ( 2 JP )
Tujuan:
- Siswa mampu mengevaluasi proses dan hasil kegiatan P5 yang telah mereka lakukan secara kritis dan reflektif.
- Siswa mampu mengidentifikasi pencapaian, tantangan, dan pembelajaran yang mereka peroleh selama kegiatan P5.
- Siswa mampu memberikan saran positif untuk perbaikan kegiatan P5 di masa mendatang.
- Guru mampu memperoleh umpan balik dari siswa untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan P5.
Rangkaian Kegiatan:
1. Guru membuka kegiatan evaluasi dengan menjelaskan tujuan dan manfaatnya bagi siswa dan guru.
2. Guru menekankan pentingnya evaluasi yang jujur dan terbuka untuk perbaikan di masa mendatang.
3. Siswa menjawab kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan tentang berbagai aspek kegiatan P5, berikut ini :
2. Guru menekankan pentingnya evaluasi yang jujur dan terbuka untuk perbaikan di masa mendatang.
3. Siswa menjawab kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan tentang berbagai aspek kegiatan P5, berikut ini :
a. Bagaimana pemahaman Anda tentang tema kearifan lokal "Melestarikan Budaya Kotaku"/Warisan Batik Khas Kota Tangerang" sebelum dan sesudah mengikuti kegiatan P5 ini?
b. Seberapa aktif Anda berpartisipasi dalam setiap tahapan kegiatan P5, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi?
c. Manfaat apa yang Anda rasakan setelah mengikuti kegiatan P5 ini? Apakah ada keterampilan baru yang Anda kuasai atau pengetahuan baru yang Anda dapatkan?
d. Tantangan apa yang Anda hadapi selama mengikuti kegiatan P5 ini? Bagaimana cara Anda mengatasi tantangan tersebut?
e. Saran apa yang Anda berikan untuk perbaikan kegiatan P5 di masa mendatang? Apakah ada hal yang perlu ditingkatkan atau diubah agar kegiatan P5 menjadi lebih menarik dan bermanfaat bagi siswa?
4. Setiap siswa menulis refleksi individu tentang pengalaman mereka mengikuti kegiatan P5 dan hasil evaluasi.
5. Guru menyampaikan apresiasi kepada siswa atas partisipasi dan kontribusi mereka dalam kegiatan P5.
6. Guru menjelaskan bagaimana hasil evaluasi akan digunakan untuk memperbaiki kegiatan P5 di masa mendatang.
7. Guru mengajak siswa untuk terus melestarikan budaya lokal dan mengembangkan diri sebagai generasi muda yang kreatif dan inovatif. Dengan aktivitas evaluasi ini, siswa dan guru dapat bersama-sama belajar dan berkembang untuk menciptakan kegiatan P5 yang lebih baik dan berdampak positif bagi pelestarian budaya lokal.
Atas nama Tim Pengembang Kurikulum dan P5, Kami sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan dan progress belajar yang telah diberikan, semoga Ilmu yang diperoleh mampu memberikan manfaat untuk kalian kedepan dimasa yang akan datang. berkah ilmunya, berkah pula hidupnya, Aamiin Ya Robbal Alamiin. 🙏
Social Plugin