Day 9 P5 Kelas 8 Kearifan Lokal

 

Aktivitas 22 

"Penulis Muda Melestarikan Budaya Tangerang"

Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa mampu memahami pentingnya pelestarian budaya lokal.
  • Siswa mampu mengidentifikasi dan menggali informasi tentang budaya lokal di Kota Tangerang.
  • Siswa mampu menulis artikel sederhana yang informatif dan menarik tentang budaya lokal.
  • Siswa mampu menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam menulis artikel.
  • Siswa mampu bekerja sama dalam tim untuk menghasilkan artikel yang berkualitas.

Alat dan Bahan:

  • Perangkat komputer/laptop/tablet dengan akses internet
  • Buku-buku tentang budaya lokal Tangerang (jika ada)
  • Koran atau majalah bekas
  • Alat tulis
  • Kamera/ponsel pintar (opsional)
Rangkaian Kegiatan:
  1. Pengantar:
    • Guru membuka pelajaran dengan diskusi interaktif tentang budaya lokal yang ada di sekitar siswa.
    • Guru menanyakan kepada siswa tentang pengetahuan mereka tentang budaya lokal Tangerang.
    • Guru menjelaskan pentingnya melestarikan budaya lokal agar tidak punah.
  2. Pengenalan Jenis-jenis Artikel:
    • Guru memperkenalkan jenis-jenis artikel, seperti artikel deskriptif, naratif, dan ekspositoris. murid bisa mempelajarinya disini : KLIK DISINI
    • Guru memberikan contoh artikel sederhana dari koran atau majalah.
    • Guru menjelaskan struktur artikel yang baik, seperti judul, pendahuluan, isi, dan penutup.
    • Contoh Struktur Artikel : 
      Struktur Pembuatan Artikel :
      Tujuan Artikel:
      1. Menginformasikan kepada pembaca tentang pentingnya pelestarian budaya lokal.
      2. Mengidentifikasi tantangan dan solusi dalam pelestarian budaya lokal.
      3. Menginspirasi pembaca untuk terlibat dalam pelestarian budaya lokal.

      Target Pembaca: (Tentukan siapa target pembaca artikel ini) Contoh: Siswa SMP/SMA
      Masyarakat Umum
      Komunitas Pecinta Budaya

      Rencana Konten Artikel: Pendahuluan:
      • Pengantar tentang budaya lokal yang akan dibahas.
      • Alasan mengapa budaya lokal tersebut penting untuk dilestarikan.
      Isi:
      1. Sesuaikan dengan detail yang berada dalam tema yang telah ditentukan diatas ( amati tema artikel yang telah ditetapkan )
      Penutup: Kesimpulan tentang pentingnya pelestarian budaya lokal.
      Ajakan kepada pembaca untuk turut serta dalam pelestarian budaya lokal.

      Sumber Informasi: Wawancara dengan tokoh masyarakat atau ahli budaya.
      Studi literatur (buku, artikel, jurnal).
      Observasi langsung ke lokasi budaya.
      Dokumentasi foto atau video.
  3. Pembentukan Kelompok dan Pemilihan Tema:
    • Setiap kelompok memilih satu tema budaya lokal yang akan ditulis dalam artikel mereka. tema sudah ditentukan pada aktivitas di Day 8

  4. Pengumpulan Informasi :
    • Setiap kelompok mulai mengumpulkan informasi tentang tema yang mereka pilih.
    • Siswa dapat mencari informasi dari berbagai sumber, seperti internet, buku, wawancara dengan tokoh masyarakat, atau observasi langsung.

Penulisan Artikel (4 JP)

  1. Penyusunan Kerangka Artikel :
    • Setiap kelompok menyusun kerangka artikel yang terdiri dari judul, pendahuluan, poin-poin penting dalam isi, dan penutup.
    • Kerangka artikel ini akan menjadi panduan dalam menulis artikel yang lebih डिटेल.
  2. Penulisan Draf Artikel :
    • Setiap kelompok mulai menulis draf artikel berdasarkan kerangka yang telah disusun.
    • Siswa menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.
    • Siswa dapat menambahkan gambar atau foto yang relevan dengan tema artikel mereka (opsional).
  3. Saling Koreksi dan Revisi :
    • Setiap kelompok saling bertukar draf artikel dengan kelompok lain untuk dikoreksi.
    • Siswa memberikan masukan dan saran untuk perbaikan artikel.
    • Setiap kelompok merevisi draf artikel mereka berdasarkan masukan yang diberikan.

Penyelesaian dan Publikasi (2 JP)

  1. Finalisasi Artikel :
    • Setiap kelompok menyelesaikan artikel mereka dan memastikan semua informasi telah ditulis dengan baik dan benar.
    • Siswa memeriksa kembali tata bahasa dan ejaan artikel.
  2. Publikasi Artikel :
    • Setiap kelompok mempublikasikan artikel mereka di media yang tersedia, misalnya:
      • Mading sekolah
      • Blog kelas atau sekolah
      • Media sosial (dengan izin guru)
    • Siswa dapat membuat desain tata letak yang menarik agar artikel mereka mudah dibaca.

      Selamat berkarya, sedikit lagi Projek ini selesai,...tetap semangat!