Aktivitas 22
"Penulis Muda Melestarikan Budaya Tangerang"
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa mampu memahami pentingnya pelestarian budaya lokal.
- Siswa mampu mengidentifikasi dan menggali informasi tentang budaya lokal di Kota Tangerang.
- Siswa mampu menulis artikel sederhana yang informatif dan menarik tentang budaya lokal.
- Siswa mampu menggunakan bahasa yang baik dan benar dalam menulis artikel.
- Siswa mampu bekerja sama dalam tim untuk menghasilkan artikel yang berkualitas.
Alat dan Bahan:
- Perangkat komputer/laptop/tablet dengan akses internet
- Buku-buku tentang budaya lokal Tangerang (jika ada)
- Koran atau majalah bekas
- Alat tulis
- Kamera/ponsel pintar (opsional)
Rangkaian Kegiatan:
- Pengantar:
- Guru membuka pelajaran dengan diskusi interaktif tentang budaya lokal yang ada di sekitar siswa.
- Guru menanyakan kepada siswa tentang pengetahuan mereka tentang budaya lokal Tangerang.
- Guru menjelaskan pentingnya melestarikan budaya lokal agar tidak punah.
- Pengenalan Jenis-jenis Artikel:
- Guru memperkenalkan jenis-jenis artikel, seperti artikel deskriptif, naratif, dan ekspositoris. murid bisa mempelajarinya disini : KLIK DISINI
- Guru memberikan contoh artikel sederhana dari koran atau majalah.
- Guru menjelaskan struktur artikel yang baik, seperti judul, pendahuluan, isi, dan penutup.
- Contoh Struktur Artikel : Struktur Pembuatan Artikel :Tujuan Artikel:
- Menginformasikan kepada pembaca tentang pentingnya pelestarian budaya lokal.
- Mengidentifikasi tantangan dan solusi dalam pelestarian budaya lokal.
- Menginspirasi pembaca untuk terlibat dalam pelestarian budaya lokal.
Target Pembaca: (Tentukan siapa target pembaca artikel ini) Contoh: Siswa SMP/SMA
Masyarakat Umum
Komunitas Pecinta BudayaRencana Konten Artikel: Pendahuluan:- Pengantar tentang budaya lokal yang akan dibahas.
- Alasan mengapa budaya lokal tersebut penting untuk dilestarikan.
Isi:- Sesuaikan dengan detail yang berada dalam tema yang telah ditentukan diatas ( amati tema artikel yang telah ditetapkan )
Penutup: Kesimpulan tentang pentingnya pelestarian budaya lokal.
Ajakan kepada pembaca untuk turut serta dalam pelestarian budaya lokal.Sumber Informasi: Wawancara dengan tokoh masyarakat atau ahli budaya.
Studi literatur (buku, artikel, jurnal).
Observasi langsung ke lokasi budaya.
Dokumentasi foto atau video.
- Guru memperkenalkan jenis-jenis artikel, seperti artikel deskriptif, naratif, dan ekspositoris. murid bisa mempelajarinya disini : KLIK DISINI
- Pembentukan Kelompok dan Pemilihan Tema:
- Setiap kelompok memilih satu tema budaya lokal yang akan ditulis dalam artikel mereka. tema sudah ditentukan pada aktivitas di Day 8
- Setiap kelompok memilih satu tema budaya lokal yang akan ditulis dalam artikel mereka. tema sudah ditentukan pada aktivitas di Day 8
- Pengumpulan Informasi :
- Setiap kelompok mulai mengumpulkan informasi tentang tema yang mereka pilih.
- Siswa dapat mencari informasi dari berbagai sumber, seperti internet, buku, wawancara dengan tokoh masyarakat, atau observasi langsung.
Penulisan Artikel (4 JP)
- Penyusunan Kerangka Artikel :
- Setiap kelompok menyusun kerangka artikel yang terdiri dari judul, pendahuluan, poin-poin penting dalam isi, dan penutup.
- Kerangka artikel ini akan menjadi panduan dalam menulis artikel yang lebih डिटेल.
- Penulisan Draf Artikel :
- Setiap kelompok mulai menulis draf artikel berdasarkan kerangka yang telah disusun.
- Siswa menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah dipahami.
- Siswa dapat menambahkan gambar atau foto yang relevan dengan tema artikel mereka (opsional).
- Saling Koreksi dan Revisi :
- Setiap kelompok saling bertukar draf artikel dengan kelompok lain untuk dikoreksi.
- Siswa memberikan masukan dan saran untuk perbaikan artikel.
- Setiap kelompok merevisi draf artikel mereka berdasarkan masukan yang diberikan.
Penyelesaian dan Publikasi (2 JP)
- Finalisasi Artikel :
- Setiap kelompok menyelesaikan artikel mereka dan memastikan semua informasi telah ditulis dengan baik dan benar.
- Siswa memeriksa kembali tata bahasa dan ejaan artikel.
- Publikasi Artikel :
- Setiap kelompok mempublikasikan artikel mereka di media yang tersedia, misalnya:
- Mading sekolah
- Blog kelas atau sekolah
- Media sosial (dengan izin guru)
- Siswa dapat membuat desain tata letak yang menarik agar artikel mereka mudah dibaca.
Selamat berkarya, sedikit lagi Projek ini selesai,...tetap semangat!
Social Plugin