Day 9 P5 Kelas 7 Kearifan Lokal

 

Aktivitas 20 ( 8 JP )

"Kreator Digital Muda: Ekspresi Kearifan Lokal dalam Konten Digital"

Tujuan Pembelajaran:

  • Siswa mampu menerapkan pengetahuan tentang konten digital kreatif dalam proses produksi.
  • Siswa mampu menggunakan berbagai alat dan teknik produksi konten digital yang sesuai.
  • Siswa mampu bekerja sama dalam tim untuk menghasilkan konten digital yang berkualitas dan relevan dengan tema kearifan lokal.
  • Siswa mampu mengembangkan keterampilan komunikasi, kolaborasi, kreativitas, dan pemecahan masalah.

Alat dan Bahan:

  • Kamera/ponsel pintar/laptop/tablet dengan akses internet
  • Mikrofon (jika ada)
  • Software/aplikasi pengeditan foto/video/audio yang mudah digunakan (misalnya, Canva, CapCut, Audacity)
  • Contoh-contoh konten digital yang relevan
Rangkaian Kegiatan:

Persiapan ( 1 JP )
  1. Guru membuka pelajaran dengan diskusi interaktif tentang kearifan lokal budaya yang ada di sekitar siswa (misalnya, tradisi, kuliner, seni, tokoh, tempat bersejarah).
  2. Guru menayangkan contoh-contoh konten digital kreatif yang mengangkat tema kearifan lokal (misalnya, video pendek, infografis, podcast).
  3. Guru menjelaskan tujuan aktivitas dan manfaatnya bagi siswa.
  4. Setiap kelompok memilih satu tema kearifan lokal yang akan diangkat dalam konten digital mereka.
  5. Setiap kelompok melakukan brainstorming untuk mengembangkan ide konten yang kreatif dan menarik.
  6. Siswa berdiskusi tentang jenis konten yang akan dibuat (misalnya, video pendek, infografis, podcast, animasi, komik digital).
  7. Siswa membuat sketsa kasar atau storyboard untuk menyampaikan ide mereka.
  8. Setiap kelompok menyusun rencana produksi yang menarik, termasuk:
    • Tujuan konten
    • Target audiens
    • Pesan utama yang ingin disampaikan
    • Jenis konten yang akan dibuat
    • Alat dan bahan yang dibutuhkan
    • Jadwal produksi
    • Pembagian tugas anggota kelompok

Produksi Konten (4 JP)

  1. Pengumpulan Materi:
    • Setiap kelompok mulai mengumpulkan materi yang dibutuhkan untuk produksi konten mereka. 
    • Materi dapat berupa foto, video, skenario, teks, ilustrasi, atau layout cerita.
    • Siswa dapat mencari materi dari berbagai sumber (misalnya, internet, buku, wawancara, observasi langsung).siswa dapat mencari pada berbagai sumber di internet, ataupun hasil city tour sebelumnya sebagai referensi. 
  2. Proses Produksi :
    • Setiap kelompok mulai membuat konten digital mereka berdasarkan rencana produksi yang telah disusun. siswa dapat memasukan dokumentasi rekaman video city tour sebelumnya yang telah dilakukan.
    • Siswa menggunakan alat dan aplikasi yang tersedia untuk mengedit foto/video/audio, membuat ilustrasi/animasi, atau menulis teks.
    • Guru memberikan bimbingan dan dukungan teknis kepada siswa selama proses produksi.

Penyelesaian dan Presentasi ( 3 JP)

  1. Finalisasi Konten :
    • Setiap kelompok menyelesaikan konten digital mereka dan memastikan semua elemen (visual, audio, teks) терpadu dengan baik. 
    • Siswa melakukan revisi dan perbaikan jika diperlukan.
  2. Persiapan Presentasi :
    • Setiap kelompok mempersiapkan diri untuk menjelaskan konten digital mereka kepada teman sekelas.
    • Presentasi dapat berupa hasil konten, penjelasan tentang proses produksi, atau diskusi tentang pesan yang ingin disampaikan.
  3. Presentasi dan Diskusi:
    • Setiap kelompok mempresentasikan konten digital mereka di depan kelas.
    • Siswa memberikan umpan balik dan apresiasi terhadap karya kelompok lain.
    • Guru memberikan evaluasi dan penilaian terhadap konten digital dan presentasi siswa.

Contoh Tema Kearifan Lokal:

  • Tradisi "Perahun Naga" di Kota Tangerang
  • Kuliner khas Tangerang: "Laksa Tangerang"
  • Seni tari "Cokek"
  • Tokoh inspiratif: "Raden Aria Wangsakara/ Mpok Ris ( Poris - CIpondoh )
  • Tempat bersejarah: "Masjid Agung Al-A'zhom/ Masjid Agung Al-Ittihad"
  • Dan lain sebagainya.
Sedikit Lagi Selesai Gaess... Tetap Semangat..