"Kreator Digital Muda: Ekspresi Kearifan Lokal dalam Konten Digital"
Tujuan Pembelajaran:
- Siswa mampu menerapkan pengetahuan tentang konten digital kreatif dalam proses produksi.
- Siswa mampu menggunakan berbagai alat dan teknik produksi konten digital yang sesuai.
- Siswa mampu bekerja sama dalam tim untuk menghasilkan konten digital yang berkualitas dan relevan dengan tema kearifan lokal.
- Siswa mampu mengembangkan keterampilan komunikasi, kolaborasi, kreativitas, dan pemecahan masalah.
Alat dan Bahan:
- Kamera/ponsel pintar/laptop/tablet dengan akses internet
- Mikrofon (jika ada)
- Software/aplikasi pengeditan foto/video/audio yang mudah digunakan (misalnya, Canva, CapCut, Audacity)
- Contoh-contoh konten digital yang relevan
Rangkaian Kegiatan:
Persiapan ( 1 JP )
- Guru membuka pelajaran dengan diskusi interaktif tentang kearifan lokal budaya yang ada di sekitar siswa (misalnya, tradisi, kuliner, seni, tokoh, tempat bersejarah).
- Guru menayangkan contoh-contoh konten digital kreatif yang mengangkat tema kearifan lokal (misalnya, video pendek, infografis, podcast).
- Guru menjelaskan tujuan aktivitas dan manfaatnya bagi siswa.
- Setiap kelompok memilih satu tema kearifan lokal yang akan diangkat dalam konten digital mereka.
- Setiap kelompok melakukan brainstorming untuk mengembangkan ide konten yang kreatif dan menarik.
- Siswa berdiskusi tentang jenis konten yang akan dibuat (misalnya, video pendek, infografis, podcast, animasi, komik digital).
- Siswa membuat sketsa kasar atau storyboard untuk menyampaikan ide mereka.
- Setiap kelompok menyusun rencana produksi yang menarik, termasuk:
- Tujuan konten
- Target audiens
- Pesan utama yang ingin disampaikan
- Jenis konten yang akan dibuat
- Alat dan bahan yang dibutuhkan
- Jadwal produksi
- Pembagian tugas anggota kelompok
Produksi Konten (4 JP)
- Pengumpulan Materi:
- Setiap kelompok mulai mengumpulkan materi yang dibutuhkan untuk produksi konten mereka.
- Materi dapat berupa foto, video, skenario, teks, ilustrasi, atau layout cerita.
- Siswa dapat mencari materi dari berbagai sumber (misalnya, internet, buku, wawancara, observasi langsung).siswa dapat mencari pada berbagai sumber di internet, ataupun hasil city tour sebelumnya sebagai referensi.
- Proses Produksi :
- Setiap kelompok mulai membuat konten digital mereka berdasarkan rencana produksi yang telah disusun. siswa dapat memasukan dokumentasi rekaman video city tour sebelumnya yang telah dilakukan.
- Siswa menggunakan alat dan aplikasi yang tersedia untuk mengedit foto/video/audio, membuat ilustrasi/animasi, atau menulis teks.
- Guru memberikan bimbingan dan dukungan teknis kepada siswa selama proses produksi.
Penyelesaian dan Presentasi ( 3 JP)
- Finalisasi Konten :
- Setiap kelompok menyelesaikan konten digital mereka dan memastikan semua elemen (visual, audio, teks) терpadu dengan baik.
- Siswa melakukan revisi dan perbaikan jika diperlukan.
- Persiapan Presentasi :
- Setiap kelompok mempersiapkan diri untuk menjelaskan konten digital mereka kepada teman sekelas.
- Presentasi dapat berupa hasil konten, penjelasan tentang proses produksi, atau diskusi tentang pesan yang ingin disampaikan.
- Presentasi dan Diskusi:
- Setiap kelompok mempresentasikan konten digital mereka di depan kelas.
- Siswa memberikan umpan balik dan apresiasi terhadap karya kelompok lain.
- Guru memberikan evaluasi dan penilaian terhadap konten digital dan presentasi siswa.
Contoh Tema Kearifan Lokal:
- Tradisi "Perahun Naga" di Kota Tangerang
- Kuliner khas Tangerang: "Laksa Tangerang"
- Seni tari "Cokek"
- Tokoh inspiratif: "Raden Aria Wangsakara/ Mpok Ris ( Poris - CIpondoh )
- Tempat bersejarah: "Masjid Agung Al-A'zhom/ Masjid Agung Al-Ittihad"
- Dan lain sebagainya.
Sedikit Lagi Selesai Gaess... Tetap Semangat..
Social Plugin