Day 8 P5 Kelas 7 Kearifan Lokal

Aktivitas 18 ( 2 JP )
Menelusuri Jejak Sejarah dan Kepahlawanan di Kota Tangerang

Tujuan Pembelajaran:

  • Meningkatkan pemahaman siswa tentang sejarah dan nilai-nilai kepahlawanan.
  • Mengembangkan kemampuan siswa dalam observasi, analisis, dan komunikasi.
  • Menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa.

Rangkaian Kegiatan:

  1. Pembukaan (10 menit)

    • Guru membuka kegiatan dengan menyapa siswa dan mengingatkan kembali tentang kunjungan lapangan yang telah dilakukan.
    • Guru menyampaikan tujuan dari kegiatan refleksi ini.
  2. Diskusi Kelompok (20 menit)

    • Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil (4-5 orang).
    • Setiap kelompok diberikan lembar refleksi ( terlampir ) dan diminta untuk mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
      • Apa saja hal baru yang kalian pelajari dari kunjungan ke Masjid Jami Kalipasir dan TMP Taruna?
      • Bagaimana perasaan kalian saat mengunjungi kedua tempat bersejarah tersebut?
      • Apa nilai-nilai penting yang dapat kalian ambil dari kunjungan ini?
      • Bagaimana kalian dapat menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari?
  3. Presentasi Kelompok (20 menit)

    • Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas.
    • Siswa dari kelompok lain diberikan kesempatan untuk bertanya atau memberikan tanggapan.

Tugas : mengisi lembar refleksi dan presentasi

Lembar Refleksi:

Nama Kelompok:

Anggota Kelompok:






Pertanyaan Refleksi:

  1. Jelaskan sejarah singkat Masjid Jami Kalipasir!
  2. Bagaimana peran Masjid Jami Kalipasir dalam perkembangan Islam di Tangerang?
  3. Apa saja nilai-nilai penting yang dapat dipelajari dari sejarah Masjid Jami Kalipasir?
  4. Siapa saja tokoh-tokoh yang dimakamkan di TMP Taruna?
  5. Peristiwa sejarah apa yang berkaitan dengan TMP Taruna?
  6. Apa makna kepahlawanan bagi kalian?
  7. Bagaimana kalian dapat meneladani semangat juang para pahlawan dalam kehidupan sehari-hari?
  8. Hal baru apa saja yang kalian pelajari dari kunjungan lapangan ini?
  9. Bagaimana kunjungan lapangan ini dapat meningkatkan pemahaman kalian tentang sejarah dan nilai-nilai kepahlawanan?
  10. Apa komitmen kalian untuk menjaga dan melestarikan cagar budaya di sekitar kalian?

Aktivitas 19 ( 6 JP )

Melestarikan Warisan Budaya Tangerang melalui Konten Digital Kreatif

Tujuan Pembelajaran

  1. Siswa mampu mengidentifikasi dan memahami kearifan lokal budaya Kota Tangerang (misalnya, sejarah, tradisi, kuliner, seni, dll.).
  2. Siswa mampu menghasilkan konten digital kreatif yang mempromosikan dan melestarikan kearifan lokal budaya Tangerang.
  3. Siswa mampu menggunakan teknologi digital secara bertanggung jawab dan beretika.
  4. Siswa mampu mengembangkan keterampilan kolaborasi, komunikasi, dan berpikir kritis.
Rangkaian Kegiatan :  ( PENGENALAN 1 JP )
  1. Guru memperkenalkan konsep "konten digital kreatif" dan contoh-contohnya (misalnya, video pendek, infografis, podcast, blog, media sosial). Contoh pada tayangan dibawah ini, 
  2. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat mengintegrasikan kearifan lokal dengan konten digital.
  3. Siswa mencari contoh-contoh konten digital yang berkaitan dengan budaya lokal (baik dari Tangerang maupun daerah lain).
  4. Siswa menganalisis bagaimana konten tersebut dibuat, pesan yang disampaikan, target audiens, dan dampaknya.
  5. Guru memberikan panduan tentang cara menganalisis konten digital secara kritis.
Tayangan Konten Digital Kreatif ; 


Tugas : menjawab Lembar Kerja analisis seputar Konten digital ( per orang )

Lembar Kerja : 
Jawablah beberapa pertanyaan berikut ini pada kertas folio yang kamu sediakan : 
  1. Jelaskan dengan contoh perbedaan antara konten digital biasa dengan konten digital kreatif!
  2. Mengapa konten digital kreatif penting dalam era digital saat ini? Bagaimana konten tersebut dapat memengaruhi masyarakat?
  3. Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur yang membuat sebuah konten digital dapat dikatakan kreatif!
  4. Bagaimana cara kamu mengevaluasi kualitas sebuah konten digital kreatif? Apa saja kriteria yang perlu dipertimbangkan?
  5. Jika kamu ingin membuat sebuah konten digital kreatif, ide apa yang akan kamu kembangkan? Jelaskan konsep kontenmu secara rinci!
Rangkaian Kegiatan :  ( Pengembangan Ide Konten Digital 1 JP )
  1. Siswa dibagi menjadi kelompok yang terdiri dari 4-5 orang.
  2. Setiap kelompok berdiskusi dan bertukar ide tentang konten digital kreatif yang ingin mereka buat untuk mempromosikan kearifan lokal Tangerang.
  3. Ide konten dapat berupa video pendek, infografis, podcast, blog, postingan media sosial, atau bentuk konten lainnya yang relevan.
  4. Guru memfasilitasi brainstorming dan memberikan masukan terhadap ide-ide siswa. siswa diminta untuk mengamati tayangan berikut ini :
 


 Rangkaian Kegiatan :  ( Perencanaan Konten 2 JP )

  1. Setiap kelompok memilih satu ide konten yang paling menarik dan relevan.
  2. Kelompok membuat perencanaan konten yang lebih detail, termasuk tujuan konten, target audiens, pesan yang ingin disampaikan, format konten, alat dan bahan yang dibutuhkan, serta langkah-langkah produksi.
  3. Guru memberikan bimbingan dan arahan dalam perencanaan konten.
  4. Siswa mengisi lembar kerja perencanaan konten berikut secara berkelompok :
Tugas : Lembar Kerja Perencanaan Konten ( Tugas Kelompok )

Lembar Kerja Perencanaan Pembuatan Konten Digital

Nama Kelompok  : ...................................................

Anggota Kelompok:

  1. _________________ (Tugas: _________________)
  2. _________________ (Tugas: _________________)
  3. _________________ (Tugas: _________________)
  4. _________________ (Tugas: _________________)
  5. _________________ (Tugas: _________________)

Kelas : ....................................

Tanggal : ................................ 2025

Tema Konten: ............................................................

Judul Konten: ............................................................

Jenis Konten: (Pilih salah satu atau sebutkan jenis lain)

  • [ ] Video Pendek
  • [ ] Animasi
  • [ ] Infografis
  • [ ] Podcast
  • [ ] Blog/Artikel
  • [ ] Postingan Media Sosial
  • [ ] Lainnya: _________________

1. Tujuan Konten:

  • Apa tujuan utama dari konten digital ini? (misalnya, menghibur, menginformasikan, mengedukasi, mempromosikan, dll.)
  • Bagaimana konten ini akan mencapai tujuan tersebut?

2. Target Audiens:

  • Siapa target audiens dari konten ini? (misalnya, usia, jenis kelamin, minat, dll.)
  • Bagaimana konten ini akan disesuaikan dengan target audiensnya?

3. Pesan Utama:

  • Apa pesan utama yang ingin disampaikan oleh konten ini?
  • Bagaimana pesan tersebut akan disampaikan? (misalnya, melalui narasi, visual, audio, interaksi, dll.)

4. Konsep Konten:

  • Jelaskan secara rinci konsep konten digital yang akan dibuat.
  • Apa yang membuat konten ini unik dan menarik?
  • Apakah ada elemen inovatif atau interaktif yang akan digunakan?

5. Rencana Produksi:

  • Alat dan Bahan:
    • Sebutkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat konten ini (misalnya, kamera, mikrofon, software editing, dll.).
  • Jadwal Produksi:
    • Buatlah jadwal produksi yang rinci, termasuk tahapan-tahapan produksi dan perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk setiap tahapan.
  • Pembagian Tugas:
    • Bagilah tugas dan tanggung jawab kepada setiap anggota kelompok.
    • Sebutkan nama anggota kelompok dan tugasnya masing-masing.

6. Strategi Penyebaran:

  • Bagaimana konten digital ini akan disebarkan kepada target audiens?
  • Platform/media apa yang akan digunakan? (misalnya, YouTube, Instagram, website, dll.)
  • Apakah ada strategi khusus yang akan digunakan untuk mempromosikan konten ini?

7. Anggaran: (Jika ada)

  • Apakah ada anggaran yang dialokasikan untuk pembuatan konten ini?
  • Jika ada, sebutkan rincian anggaran yang dibutuhkan.

8. Evaluasi:

  • Bagaimana cara mengevaluasi keberhasilan konten digital ini?
  • Kriteria apa yang akan digunakan untuk mengukur keberhasilan konten ini?

Rangkaian Kegiatan :  ( Produksi Konten Digital 2 JP )

  1. Setiap kelompok mulai memproduksi konten digital mereka berdasarkan perencanaan yang telah dibuat.
  2. Siswa menggunakan perangkat dan aplikasi yang tersedia untuk membuat video, infografis, podcast, atau bentuk konten lainnya.
  3. Guru memberikan dukungan teknis dan kreatif selama proses produksi.
Tayangan Video Dukungan Kegiatan ini : 



Selamat Berkarya Gaess!!