Aktivitas 18 ( 2 JP )
Menelusuri Jejak Sejarah dan Kepahlawanan di Kota Tangerang
Tujuan Pembelajaran:
- Meningkatkan pemahaman siswa tentang sejarah dan nilai-nilai kepahlawanan.
- Mengembangkan kemampuan siswa dalam observasi, analisis, dan komunikasi.
- Menumbuhkan rasa cinta tanah air dan bangsa.
Rangkaian Kegiatan:
Pembukaan (10 menit)
- Guru membuka kegiatan dengan menyapa siswa dan mengingatkan kembali tentang kunjungan lapangan yang telah dilakukan.
- Guru menyampaikan tujuan dari kegiatan refleksi ini.
Diskusi Kelompok (20 menit)
- Siswa dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil (4-5 orang).
- Setiap kelompok diberikan lembar refleksi ( terlampir ) dan diminta untuk mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:
- Apa saja hal baru yang kalian pelajari dari kunjungan ke Masjid Jami Kalipasir dan TMP Taruna?
- Bagaimana perasaan kalian saat mengunjungi kedua tempat bersejarah tersebut?
- Apa nilai-nilai penting yang dapat kalian ambil dari kunjungan ini?
- Bagaimana kalian dapat menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari?
Presentasi Kelompok (20 menit)
- Setiap kelompok mempresentasikan hasil diskusi mereka di depan kelas.
- Siswa dari kelompok lain diberikan kesempatan untuk bertanya atau memberikan tanggapan.
Tugas : mengisi lembar refleksi dan presentasi
Lembar Refleksi:
Nama Kelompok:
Anggota Kelompok:
Pertanyaan Refleksi:
- Jelaskan sejarah singkat Masjid Jami Kalipasir!
- Bagaimana peran Masjid Jami Kalipasir dalam perkembangan Islam di Tangerang?
- Apa saja nilai-nilai penting yang dapat dipelajari dari sejarah Masjid Jami Kalipasir?
- Siapa saja tokoh-tokoh yang dimakamkan di TMP Taruna?
- Peristiwa sejarah apa yang berkaitan dengan TMP Taruna?
- Apa makna kepahlawanan bagi kalian?
- Bagaimana kalian dapat meneladani semangat juang para pahlawan dalam kehidupan sehari-hari?
- Hal baru apa saja yang kalian pelajari dari kunjungan lapangan ini?
- Bagaimana kunjungan lapangan ini dapat meningkatkan pemahaman kalian tentang sejarah dan nilai-nilai kepahlawanan?
- Apa komitmen kalian untuk menjaga dan melestarikan cagar budaya di sekitar kalian?
Aktivitas 19 ( 6 JP )
Melestarikan Warisan Budaya Tangerang melalui Konten Digital Kreatif
Tujuan Pembelajaran
- Siswa mampu mengidentifikasi dan memahami kearifan lokal budaya Kota Tangerang (misalnya, sejarah, tradisi, kuliner, seni, dll.).
- Siswa mampu menghasilkan konten digital kreatif yang mempromosikan dan melestarikan kearifan lokal budaya Tangerang.
- Siswa mampu menggunakan teknologi digital secara bertanggung jawab dan beretika.
- Siswa mampu mengembangkan keterampilan kolaborasi, komunikasi, dan berpikir kritis.
- Guru memperkenalkan konsep "konten digital kreatif" dan contoh-contohnya (misalnya, video pendek, infografis, podcast, blog, media sosial). Contoh pada tayangan dibawah ini,
- Guru menyampaikan tujuan pembelajaran dan manfaat mengintegrasikan kearifan lokal dengan konten digital.
- Siswa mencari contoh-contoh konten digital yang berkaitan dengan budaya lokal (baik dari Tangerang maupun daerah lain).
- Siswa menganalisis bagaimana konten tersebut dibuat, pesan yang disampaikan, target audiens, dan dampaknya.
- Guru memberikan panduan tentang cara menganalisis konten digital secara kritis.
Tugas : menjawab Lembar Kerja analisis seputar Konten digital ( per orang )
- Jelaskan dengan contoh perbedaan antara konten digital biasa dengan konten digital kreatif!
- Mengapa konten digital kreatif penting dalam era digital saat ini? Bagaimana konten tersebut dapat memengaruhi masyarakat?
- Sebutkan dan jelaskan unsur-unsur yang membuat sebuah konten digital dapat dikatakan kreatif!
- Bagaimana cara kamu mengevaluasi kualitas sebuah konten digital kreatif? Apa saja kriteria yang perlu dipertimbangkan?
- Jika kamu ingin membuat sebuah konten digital kreatif, ide apa yang akan kamu kembangkan? Jelaskan konsep kontenmu secara rinci!
- Siswa dibagi menjadi kelompok yang terdiri dari 4-5 orang.
- Setiap kelompok berdiskusi dan bertukar ide tentang konten digital kreatif yang ingin mereka buat untuk mempromosikan kearifan lokal Tangerang.
- Ide konten dapat berupa video pendek, infografis, podcast, blog, postingan media sosial, atau bentuk konten lainnya yang relevan.
- Guru memfasilitasi brainstorming dan memberikan masukan terhadap ide-ide siswa. siswa diminta untuk mengamati tayangan berikut ini :
Rangkaian Kegiatan : ( Perencanaan Konten 2 JP )
- Setiap kelompok memilih satu ide konten yang paling menarik dan relevan.
- Kelompok membuat perencanaan konten yang lebih detail, termasuk tujuan konten, target audiens, pesan yang ingin disampaikan, format konten, alat dan bahan yang dibutuhkan, serta langkah-langkah produksi.
- Guru memberikan bimbingan dan arahan dalam perencanaan konten.
- Siswa mengisi lembar kerja perencanaan konten berikut secara berkelompok :
Lembar Kerja Perencanaan Pembuatan Konten Digital
Nama Kelompok : ...................................................
Anggota Kelompok:
- _________________ (Tugas: _________________)
- _________________ (Tugas: _________________)
- _________________ (Tugas: _________________)
- _________________ (Tugas: _________________)
- _________________ (Tugas: _________________)
Kelas : ....................................
Tanggal : ................................ 2025
Tema Konten: ............................................................
Judul Konten: ............................................................
Jenis Konten: (Pilih salah satu atau sebutkan jenis lain)
- [ ] Video Pendek
- [ ] Animasi
- [ ] Infografis
- [ ] Podcast
- [ ] Blog/Artikel
- [ ] Postingan Media Sosial
- [ ] Lainnya: _________________
1. Tujuan Konten:
- Apa tujuan utama dari konten digital ini? (misalnya, menghibur, menginformasikan, mengedukasi, mempromosikan, dll.)
- Bagaimana konten ini akan mencapai tujuan tersebut?
2. Target Audiens:
- Siapa target audiens dari konten ini? (misalnya, usia, jenis kelamin, minat, dll.)
- Bagaimana konten ini akan disesuaikan dengan target audiensnya?
3. Pesan Utama:
- Apa pesan utama yang ingin disampaikan oleh konten ini?
- Bagaimana pesan tersebut akan disampaikan? (misalnya, melalui narasi, visual, audio, interaksi, dll.)
4. Konsep Konten:
- Jelaskan secara rinci konsep konten digital yang akan dibuat.
- Apa yang membuat konten ini unik dan menarik?
- Apakah ada elemen inovatif atau interaktif yang akan digunakan?
5. Rencana Produksi:
- Alat dan Bahan:
- Sebutkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat konten ini (misalnya, kamera, mikrofon, software editing, dll.).
- Jadwal Produksi:
- Buatlah jadwal produksi yang rinci, termasuk tahapan-tahapan produksi dan perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk setiap tahapan.
- Pembagian Tugas:
- Bagilah tugas dan tanggung jawab kepada setiap anggota kelompok.
- Sebutkan nama anggota kelompok dan tugasnya masing-masing.
6. Strategi Penyebaran:
- Bagaimana konten digital ini akan disebarkan kepada target audiens?
- Platform/media apa yang akan digunakan? (misalnya, YouTube, Instagram, website, dll.)
- Apakah ada strategi khusus yang akan digunakan untuk mempromosikan konten ini?
7. Anggaran: (Jika ada)
- Apakah ada anggaran yang dialokasikan untuk pembuatan konten ini?
- Jika ada, sebutkan rincian anggaran yang dibutuhkan.
8. Evaluasi:
- Bagaimana cara mengevaluasi keberhasilan konten digital ini?
- Kriteria apa yang akan digunakan untuk mengukur keberhasilan konten ini?
Rangkaian Kegiatan : ( Produksi Konten Digital 2 JP )
- Setiap kelompok mulai memproduksi konten digital mereka berdasarkan perencanaan yang telah dibuat.
- Siswa menggunakan perangkat dan aplikasi yang tersedia untuk membuat video, infografis, podcast, atau bentuk konten lainnya.
- Guru memberikan dukungan teknis dan kreatif selama proses produksi.
Selamat Berkarya Gaess!!
Social Plugin